Berita Kabupaten Banjar

Festival Kreativitas Anak Usia Dini tahun 2019, Diknas Banjar Ajak Orangtua Gemar Membaca

Upaya menumbuhkan kreativitas anak, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui bidang PAUD bersama mitra kerja IGTKI dan HIMPAUDI Kabupaten Banjar

Festival Kreativitas Anak Usia Dini tahun 2019, Diknas Banjar Ajak Orangtua Gemar Membaca
istimewa
Festival Kreativitas Anak tahun lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Upaya menumbuhkan kreativitas anak, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui bidang PAUD bersama mitra kerja IGTKI dan HIMPAUDI Kabupaten Banjar melaksanakan Festival Kreativitas Anak Usia Dini tahun 2019.

Menggencarkan Gerakan Nasional Orangtua Membaca Buku (Gernas Buku), yang akan digelar pada Kamis (28/8).

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Pemkab Banjar itu, juga menggelar kegiatan lainnya masih dalam rangka menumbuhkan kreativitas anak.

Yakni mewarnai, menggambar dan mendongeng yang mana festival tahun ini berbeda dengan tahun yang lalu, Dinas Pendidikan Banjar memadukannya dengan Gernas Buku yang gencar disosialisasikan pemerintah melalui Dirjen Diknas PAUD Provinsi Kalsel.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Maidi Armansyah mengatakan, Gernas Buku merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan pendidikan PAUD serta di masyarakat.

Mengingat buku adalah jendela dunia, membaca akan memperluas wawasan.

Baca: Wajar Tetap Tajir, Sumber Kekayaan Umi Pipik Pasca 6 Tahun Ditinggal Ustadz Jefri Al Buchori

Baca: Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Baca: Perasaan Sesungguhnya Keluarga Besar Roger Danuarta Soal Pernikahan dengan Cut Meyriska Terungkap

Berdasarkan hasil survei penilaian kemampuan membaca siswa pada PISA tahun 2015 menunjukan Indonesia berada di urutan ke-64 dari 72 negara.

Artinya Indonesia masih berada di urutan bawah, sementara tantangan kedepan pada abad 21 ini membutuhkan kecakapan yang salah satunya adalah literasi.

"Gernas Buku ini merupakan bagian dari gerakan literasi nasional untuk menumbuhkan minat baca. Gernas Buku ditujukan untuk anak usia dini yang umumnya belum mampu untuk membaca, dalam rangka mengembangkan kemampuan literasi anak melalui peran orangtua," katanya, Rabu (27/8).

Maidi menjelaskan, tujuan dari Gernas Buku adalah membiasakan orangtua membaca buku bersama anak, agar terjalin hubungan sosial emosi yang erat antara orangtua dan anak.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved