Kesehatan

13 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Selain Mengatasi Dehidrasi dan Turunkan Berat Badan

Idealnya, manusia minum dua liter air atau delapan gelas air setiap hari. Hal ini dipicu oleh rata-rata pengeluaran urine orang dewasa sekitar 1,5 ltr

13 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Selain Mengatasi Dehidrasi dan Turunkan Berat Badan
(secondwindwater.com)
Minum air putih hangat 

BANJARMASINPOST.CO.ID -Kesibukan dan rutinitas kerja membuot orang lupa menjaga kesehatan tubuh. Orang kadang lupa hanya sekadar minum air putih, padahal maanfatnya sangat banyak bagi tubuh.

Manfaat air putih untuk tubuh ternyata tidak hanya berkaitan dengan kesehatan ginjal. Ragam manfaat lain dari air putih, dalam melumasi sendi hingga menjaga kesehatan otak pun bisa kita dapatkan.

Idealnya, manusia minum dua liter air atau delapan gelas air setiap hari. Hal ini dipicu oleh rata-rata pengeluaran urine orang dewasa sekitar 1,5 liter per hari.

Air juga keluar melalui pernapasan, keringat, dan pergerakan usus. Adapun makanan hanya menyumbang 20 persen dari jumlah total yang diperlukan tubuh. Jadi air yang Anda minum itu akan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Dalam sehari, ada batas-batas tertentu konsumsi air putih yang perlu diikuti. Jika kamu terlalu sedikit atau terlalu banyak minum air putih, manfaat tersebut justru berkurang, dan malah membawa dampak negatif untuk kesehatan.

Manfaat air putih sangatlah beragam, sehingga sayang jika dilewatkan. Bagi yang masih seringkali kurang mengonsumsi air putih, mulailah ubah kebiasaan dan dapatkan beragam keuntungan berikut ini dari air putih.

Beragam Keuntungan dan Manfaat dari air putih :

1. Baik untuk kesehatan kulit
2. Membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh
3. Membantu melumasi sendi
4. Menyehatkan rongga mulut
5. Membantu menjaga tekanan darah
6. Baik untuk sistem sirkulasi tubuh
7. Meningkatkan stamina
8. Meningkatkan fungsi otak
9. Mencegah dan mengatasi sakit kepala
10. Melancarkan pencernaan
11. Membantu mencegah terbentuknya batu ginjal
12. Membantu menurunkan berat badan
13. Baik untuk sistem pernapasan

Minum Air Putih
Minum Air Putih (Levey-CilliersSearchPartners.com)

1. Baik untuk kesehatan kulit

Kulit mengandung banyak air dan berfungsi sebagai tameng untuk mencegah tubuh kehilangan terlalu banyak cairan. Saat kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, maka kulit akan terlihat kering dan keriput. Karena itu, cukupilah kebutuhan cairan.

Ilustrasi.
Ilustrasi. (kompas.com)
Halaman
1234
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved