Berita Banjarbaru

Antisipasi Karhutla hingga November 2019, BPBD Kalsel Minta Tambahan Heli Water Bombing ke BNPB

Hasilnya, BNPB menambah dua Heli Water Boombing kembali untuk BPBD Kalsel,sehingga jumlah heli sebanyak enam buah.

Antisipasi Karhutla hingga November 2019, BPBD Kalsel Minta Tambahan Heli Water Bombing ke BNPB
Manggala Agni Dalops Banjar untuk BPost
Heli Water Bombing pun diturunkan untuk mengatasi Karhutla terjadi di kawasan lahan semi gambut di Cintapuri Darussalam 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Guna mengantisipasi akan kebakaran hutan yang lebih masive di Kalsel, mengingat potensi kemarau diprediksi Akhir Oktober hingga ke November 2019, maka BPBD Kalsel mengirim usulan untuk tambahan heli Water Boombing ke BNPB.

Hasilnya, BNPB menambah dua Heli Water Boombing kembali,sehingga jumlah heli sebanyak enam buah.

Usai rapat pagi, Kamis (28/8/2019), Kepala BPBD Kalsel Wahyuddin mengatakan heli water bombing akan datang bertahap, dijadwalkan besok datang  1 buah. Sehingga total heli water bombing 5 buah untuk water bombing, 1 buah untuk patroli.

"Saya berharap dengan kekuatan heli ini, dapat memaksimalkan pemadaman api yang tidak terjangkau oleh tim satgas darat" ujarnya .

Baca: Total 57 Kasus Kerhutla Terekam Satgas Gakum Polda Kalsel di 2019, Tiga Kasus Naik ke Penyidikan

Menurutnya, walau hanya disetujui 6 buah dari  usulan sebanyak 10 buah, Hali water bombing dapat bekerja di 5 wilayah titik rawan, yakni Kabupaten Banjar, Batola, Tanah Laut, Banjarbaru dan Tapin.

Diketahui hingga 28 Agustus dengan kekuatan satu buah helikopter patroli sudah terbang 89 jam, sementara untuk 3 buah  helikopter water bombing sudah terbang 275 jam.  Heli sudah  membombing titik api sebanyak 1209 kali, di 5 titik rawan.

57 Kasus Karhutla di Kalsel

Selama kebakaran hutan dan lahan di 2019 ini, Satuan Petugas Dari Penegakan Hukum yang baru terekap di Ditreskrimsus Polda Kalsel dari Polres jajaran se Kalsel terdapat 57 kasus. Tiga di antaranya sudah ada tersangka dan kasusnya sudah dalam tahap penyidikan pihak kepolisian.

Hal itu ditegaskan oleh Kanit BBM Tipitet Ditreskrimsus Polda Kalsel, Komisaris Polisi Ajie Lukman, Kamis (29/8/2019) ketika evaluasi penanganan Karhutla di Kalsel dalam satgas gabungan di BPBD Kalsel.

Baca: Desa Awang Sempat Terbakar Seluas 15 Hektare, Ini yang Dilakukan Satgas Karhutla HST

Dari 57 kasus itu, tiga kasus pembakaran yang naik ke tahap penyidikan adalah kasus yang ditangani Polres Banjar, Polres Hulu Sungai Tengah, dan Polres Tala.

Halaman
123
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved