Kriminalitas Kalteng

Curat Mendominasi Tindak Pidana Kejahatan Kalteng, Wakapolda: Polisi Utamakan Pencegahan

Polda Kalimantan Tengah mendata tindak pidana yang tergolong dalam kejahatan konvensional atau kejahatan lokal seperti pencurian dari Januari

Curat Mendominasi Tindak Pidana Kejahatan Kalteng, Wakapolda: Polisi Utamakan Pencegahan
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Rikwanto. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Polda Kalimantan Tengah mendata tindak pidana yang tergolong dalam kejahatan konvensional atau kejahatan lokal seperti pencurian dari Januari hingga Juni 2019 terdapat 788 kasus.

Ini diungkapkan Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Rikwanto saat Rapat Koordinasi Deputi Bidkoor Kamtibmas Kemenko Polhukam dengan Instansi terkait se-Kalteng yang menegaskan,tindak pidana tersebut sejak Januari hingga Juni 2019 mencapai 788 kasus.

" Bulan Januari sampai dengan Juni 2019 ini didominasi pencurian dengan pemberatan (curat) yang jumlahnya paling banyak yakni mencapai 145 kasus, sehingga perlu dilakukan antisipasi,” ujar Rikwanto.

Orang nomor dua di Mapolda Kalteng ini, Kamis (29/8/2019) membeberkan, kasus kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polda Kalteng dan jajaran berdasarkan rangking kejahatannya didominasi dengan jenis-jenis kejahatan konvensional.

Baca: Sarwendah Sebut Ruben Onsu Gila, Ibu Bertrand Peto & Thalia Dapat Hadiah Fantastis dari Teman Ivan!

Baca: Teka-teki Hilangnya Gadis Paskibra Setelah Turunkan Bendara, Salah Pergaulan hingga Lenyap 2 Pekan

Baca: Kronologi Sebenarnya Nikita Mirzani Labrak Elza Syarief di Hotman Paris Show Versi Juliana Moechtar

Diungkapkan, beberapa tindak pidana yang terjadi antara lain, pencurian dengan pemberatan (curat), pengelapan, curanmor, pencurian biasa, penganiayaan, perlindungan anak, Pemerasan atau pengancaman , pembunuhan atau temuan mayat, bunuh diri, pengeroyokan dan kebakaran.

Menurut Wakapolda, data yang disampaikan tersebut dihimpun oleh Ditreskrimum Polda Kalteng yang terdata ada 37 jenis kejahatan yang disajikan dengan karateristik kerawanan daerah wilayah hukum Polda Kalteng.

Menurut Wakapolda, kejahatan tidak pernah bisa diberantas secara tuntas, kejahatan hanya bisa dicegah."Dalam hal ini Kepolisian, kejaksaan, pengadilan dan lembaga masyarakat sudah melakukan berbagai macam pencegahannya.," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved