Serambi Mekkah

Dinilai Inovatif, Pejabat dari Pulau Jawa Ini Gali Inovasi Kominfo Banjar

Dinas Kominfo Banjar termasuk salah satu instansi yang dinilai cukup inovatif. Tak heran pejabat dari Pulau Jawa pun berkunjung ke Diskominfo banjar

Dinilai Inovatif, Pejabat dari Pulau Jawa Ini Gali Inovasi Kominfo Banjar
MC Dinas Kominfo Banjar
INOVASI -┬áKadis Kominfo Banjar HM Farid Soufian (ketiga kanan) memaparkan inovasi institusinya kepada rombongan Diklatpim III Pemprov Jatim. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Beragam inovasi dan kinerja tinggi yang dilakukan sejumlah institusi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), menjadi perhatian daerah lain.

Bahkan sejumlah pejabat dari Pulau Jawa secara khusus berkunjung ke Kota Serambi Makkah, dua hari lalu. Dinas Dinas Kominfo Banjar termasuk salah satu instansi yang dinilai cukup inovatif.

Karena itu rombongan pejabat Jatim itu secara khusus bergandang ke kantor Dinas Kominfo Banjar di kawasan Jalan A Yani, Martapura. Tak kurang 12 orang yang datang, semuanya adalah pejabat eselon III atau setingkat kepala bidang/bagian.

Mereka adalah peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Angkatan XIII BPSDM Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. Kehadiran mereka disambut hangat Kepala Dinas Kominfo Banjar HM Farid Soufian beserta jajaran.

Rombongan diklatpim Pemprov Jatim itu bertujuan menggali berbagai inovasi yang dikembangkan oleh Kominfo Banjar. Selain itu mereka juga ingin mengetahui pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan. Mereka sengaja memilih Kabupaten Banjar menjadi benchmarking praktik kegiatan diklatpim.

Pertemuan berlangsung dalam suasana keakraban di Command Center Barokah Martapura. Peserta Diklatpim III menyimak seksama penjelasan Farid Soufian dan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Eddy Elminsyah Jaya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Farid Soufian memberikan pemaparan mengenai berbagai kegiatan di Dinas Kominfo Banjar yang terdiri dari tiga bidang.

"Dinas Kominfo Banjar memang masih baru karena baru terbentuk pada 2017 lalu,. Namun demikian telah cukup banyak hal yang kami lakukan untuk kemajuan daerah ini,” ucap Farid.

Farid juga mengungkapkan berbagai program kerja serta pengembangan yang dilakukan, antara lain penguatan jangkauan internet hingga ke daerah terpencil.

Hal ini mengingat kawasan Kabupaten Banjar yang sebagian merupakan perbukitan dan masih banyaknya daerah yang tak tersentuh jaringan telepon nirkabel atau blank spot area (BTA).

Setidaknya empat daerah terpencil di wilayah pelosok telah terbebaskan dari BTA melalui pembangunan tower based transciever station (BTS). Empat distrik itu yakni Desa Paramasanatas, Paramasanbawah di Kecamatan Paramasan, Desa Kiram di Kecamatan Karangintan, dan Rantaubalai di Kecamatan Aranio.

Selain itu ia juga menjelaskan tentang pengembangan Smart City. Kabupaten Banjar yang terpilih sebagai salah satu daerah dari 100 Smart City di Indonesia. “Berbagai aplikasi juga kami kembangkan untuk menunjang kemudahan dan kenyamanan pelayanan masyarakat,” jelasnya.

KADIS Kominfo Banjar HM Farid Soufian (tengah baku krim) berpose bersama dengan rombongan Diklatpim III Pemprov Jatim.
KADIS Kominfo Banjar HM Farid Soufian (tengah baku krim) berpose bersama dengan rombongan Diklatpim III Pemprov Jatim. (MC Dinas Kominfo Banjar)

Lebih lanjut Farid juga menjelaskan terkait membangunan Command Center Barokah serta berbagai aplikasi yang dikembangkan. Antara lain aplikasi E-Office, Gerakan Masyarakat Berani Lapor (Gemarlap), serta upaya mengoneksikan berbagai aplikasi yang tersebar di sejumlah SKPD.

Rombongan peserta diklatpim Jatim yang dipimpin oleh Ari Murcono, Kabag Humas Protokol Kabupaten Lumajang, mengajukan berbagai pertanyaan terkait pelaksanaan program kerja di Dinas Kominfo Banjar.

Ketua Kelompok II ini mengatakan sangat terkesan dengan capaian yang telah dilakukan oleh Dinas Kominfo Banjar. "Kami akan menerapkan capaian-capaian positif yang dilakukan Kominfo Banjar," tandasnya. (aol)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved