Berita Banjarmasin

Kalsel Dukung Program Layanan Aktif Baznas RI, Perkenalkan ATM Beras

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mensosialisikan Program Layanan Aktif Baznas ke Baznas Kalsel, Kamis (29/8/2019).

Kalsel Dukung Program Layanan Aktif Baznas RI, Perkenalkan ATM Beras
Banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar
Ketua Baznas Kalsel, HG (P) Rusdi Effendi AR terima kunjungan Baznas RI. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mensosialisikan Program Layanan Aktif Baznas ke Baznas Kalsel, Kamis (29/8/2019).

"Kedatangan kami kesini selain silaturrahmi juga ingin mensinergikan program Layanan Aktif Baznas supaya bisa diterapkan disini," kata Iskandar Darussalam, Kepala Program Layanan Aktif Baznas RI didampingi Ahmad Syahri, Kamis.

Hadir dipertemuan itu, Ketua Baznas Kalsel HG (P) Rusdi Effendi AR, Wakil Ketua Bidang Kesekretariatan, SDM dan Umum Prof H Asmaji Darmawi, Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan H Irhamsyah Safari, Kepala Pelaksana A Nikhrawi Hamdie, Wakil Kepala Pelaksana Saddam Nurhidayat dan pengurus Baznas Kalsel lainnya.

Diceritakan Iskandar, terbentuknya Layanan aktif Baznas bermula dari kegiatan pendistribusian zakat dengan nama kegiatan Umar bin Khattab. Kegiatan ini ditujukan agar pendistribusian langsung cepat dan dapat menyentuh mustahik dari dekat.

Baca: Akhirnya Usia Kehamilan Irish Bella Terbongkar, Istri Ammar Zoni Ungkap Rahasia Lewat Ini

Baca: Oknum Dosen UPR yang Lecehkan Secara Seksual 6 Mahasiswinya Diancam 9 Tahun Penjara

Baca: SESAAT LAGI! Link Live Streaming TV One Bandung United vs PSGC Liga 2 2019, Siaran Langsung TVOne

Baca: Pernikahan Siri Roger Danuarta & Cut Meyriska Sempat Dibahas pada Istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina

"Dengan mendatangi mustahik dan mendistribusiksn zakat sesuai dengan kebutuhan dasar pada setiap permasalahan mustahik," katanya.

Dalam pengelolaan Kegiatan Umar bin Khattab dianggap perlu dilakukan manajemen yang baik dalam pengelolaannya, khususnya mustahik yang berada pada level darurat. Direktorat Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI membentuk Layanan Aktif Baznas agar pendistribusian zakat dapat dikelola secara manajerial dan profesional.

Sesuai amanat SK Ketua Baznas nomor 19 tshun 2018, lanjut dia, tugas dari Layanan Aktif Baznas diantaranya Program Layanan Konter, Response Bantuan Mustahik, ATM Beras dan Layanan Ambulans.

Program Layanan Konter merupakan layanan bagi mustahik yang datang ke kantor Layanan Aktif Baznas. Layanan Konter akan memfasilitasi kebutuhan dasar mustahik dan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan dasar bagi mustahik.

Response Bantuan Mustahik merupakan Layanan Reaksi Cepat Layanan Aktif Baznas. Ini menjawab informasi publik mengenai kebutuhan darurat bagi mustahik dan memberikan bantuan kebutuhan dasar bagi mustahik.

"Bantuan respon darurat berupa darurat kesehatan, bencana, makanan siap santap, paket layanan bahagis bagi mustahik dan bantuan fasilitas pendukung hidup bagi mustahik seperti listrik, penerangan dan air," katanya.

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Beras merupakan layanan mandiri bagi mustahik untuk mendapatkan akses bantuan bahan pangan berupa beras. Layanan Aktif Baznas mendistribusikan beras melalui sistem ATM ditujukan agar mustahik dapat akses bantuan pangan dasar dengan mudah melakui konter-konter yang memiliki ATM beras.

Tujuannya adalah pengentasan kelaparan, mengakhiri kelapara, mencapai ketahahanan pangan dan perbaikan nutrisi serta menggalakkan pertanian berkelanjutan.

Selanjutnya, Layanan Ambulans. Layansn Aktif. Baznas menyelenggarakan layanan ambulans bagi mustahik yang membutuhkan pertolongan medis. Selain itu Layanan Aktif Medis juga menyelenggarakan Layanan Mobil Jenazah diperunttukan bagi mustahik yang tidak mampu dalam penyelenggaraan pemulasaran jenazah.

Ketua Baznas Kalsel, Rusdi Effendi AR mengatakan siap menjalankan program Baznas RI.

"Supaya program itu berjalan, perlu segera diadakan diklat terlebih dahulu. Kami siap mengirim utusan Baznas mengikuti pelatihan," ucap Pemimpin Umum Banjarmasin Post ini. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Akhyar
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved