Berita Balangan

Kasus 1,19 Kilogram Sabu Dilimpahkan, Kejari Balangan Siapkan Jaksa Berpengalaman

Kajari Balangan Tommy Kristanto, Kamis (29/8/2019), membenarkan telah dilakukannya pelimpahan tahap II kasus sabu 1,19 kilogram dari Polres Balangan

Kasus 1,19 Kilogram Sabu Dilimpahkan, Kejari Balangan Siapkan Jaksa Berpengalaman
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Kajari Balangan Tommy Kristanto 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Setelah menjalani proses penyidikan di Satresnarkoba Polres Balangan, kasus dugaan peredaran sabu-sabu dengan barang bukti seberat 1,19 kilogram dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan Rabu (28/8/2019) sore.

Dengan dilimpahkannnya ke kejaksaan, maka kasus sabu seberat 1,19 kilogram dengan tersangka Eko Widodo (38) dan Faris Siswanto (25) ini sudah mendekati pada proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Paringin.

Kajari Balangan Tommy Kristanto, Kamis (29/8/2019), membenarkan, telah dilakukannya pelimpahan tahap II kasus sabu 1,19 kilogram dari Polres Balangan ke pihaknya.

"Betul Rabu (28/8/2019) Kejari Balangan telah menerima pelimpahan tahap dua, yaitu penyerahan tanggungjawab tersangka dan barang bukti dari Polres Balangan dalam kasus penyalahgunaan narkotika dengan barang bukti berupa sabu yang total beratnya sekitar 1,19 kilogram," katanya.

Baca: Bekuk Dua Pelaku di Desa Jungkal, Petugas Polsek Lampihong Balangan Temukan 11 Paket Sabu

Untuk barangbukti sabu, imbuhnya, sesuai penetapan yang dikeluarkannya hanya disisihkan sedikit karena sebagian besarnya sudah dimusnahkan Polres Balangan.

Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti berkurang, tercecer atau disalahgunakan mengingat jumlah sabu yang menjadi barang bukti beratnya cukup banyak.

"Setahu saya untuk di Balangan, ini jumlah yang terbanyak, hampir 1,2 kilogram," kata kajari.

Disampaikannya juga dalam kasus ini terhadap kedua tersangka akan dikenakandakwan primer dan dakwaan subsider, pasal 114 dan pasal 112 UU Narkotika.

Dimana dari kedua pasal itu ancaman hukuman tertingginya bisa sampai hukuman mati dan hukuman minimal lima tahun penjara. Sedangkan denda minimal Rp 800 juta dan maksimal Rp 8 miliar.

Baca: Selundupkan Sabu 19 Kg di Pontianak, Begini Cerita Kronologis Warga Banjarmasin Ini Hingga Terlibat

Terkait kasus ini, imbuh kajari, walaupun dinilainya masih tergolong kasus biasa, tetapi pihaknya tetap menyiapkan jaksa senior dan berpengalaman dalam menangani pekara tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

Halaman
123
Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved