Berita Tapin

Kebakaran Lahan Rambah Kebun Sawit Warga Desa Pandahan Tapin Tengah, Satgas Lakukan Upaya Ini

Namun, kondisi bencana kebakaran lahan dan hutan kedua, kobaran api yang membakar semak belukar justru tak terkendali.

Kebakaran Lahan Rambah Kebun Sawit Warga Desa Pandahan Tapin Tengah, Satgas Lakukan Upaya Ini
HO/BPBD Tapin
Inilah kebakaran lahan yang rambah perkebunan kelapa sawit di Desa Pandahan, Kecamatan Tapin Tengah, Kamis (29/8/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Dua peristiwa kebakaran lahan melanda Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) setelah tiga hari sempat nihil dari pantauan satelit hotspot.

Informasi dari Pusdalops BPBD Kabupaten Tapin, Kamis (29/8/2019) sekitar pukul 13.00 Wita, menyebutkan peristiwa bencana kebakaran lahan pertama di Jalan Houling KPP, Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara.

Lokasi kebakaran dekat dengan Posko Induk Komando Satgas 09 Karhutla sehingga dapat dipadamkan oleh gabungan regu pemadam kebakaran hutan dan lahan, termasuk pemadam perusahaan pertambangan batu bara.

Namun, kondisi bencana kebakaran lahan dan hutan kedua, kobaran api yang membakar semak belukar justru tak terkendali.

Baca: Desa Awang Sempat Terbakar Seluas 15 Hektare, Ini yang Dilakukan Satgas Karhutla HST

Hasil pemantauan melalui kamera drone BPBD Kabupaten Tapin, kobaran api itu sudah merambah perkebunan kelapa sawit milik warga setempat.

Kebakaran lahan yang tak terkendali itu berada di Desa Pandahan, Kecamatan Tapin Tengah. Awalnya yang terbakar hanya semak belukar lahan non produktif sekitar pukul 14.30 Wita.

Kebakaran lahan merambah perkebunan kelapa sawit di Desa Pandahan, Kecamatan Tapin Tengah, Kamis (29/8/2019)
Kebakaran lahan merambah perkebunan kelapa sawit di Desa Pandahan, Kecamatan Tapin Tengah, Kamis (29/8/2019) (HO/BPBD Tapin)

Kondisi cuacanya yang panas dan hembusan angin kencang membuat titik api di semak belukar merembet kearah perkebunan kelapa sawit yang diindentifikasi milik warga Desa Tatakan dan warga Desa Pandahan.

Baca: Heli Water Boombing Bakal Ditambah di Kalsel, Ada Enam Heli Bakal Atasi Karhutla di Kalsel

Upaya Satgas Karhutla 09-02 yang bermarkas di Kantor Desa Papagan Makmur meminta bantuan Posko Satgas Komando di Rantau dan meminta bom air karena hingga berita ini diturunkan korban api masih menyala.

Kabid Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tapin, Akhmad Sofyan melaporkan upaya pemadaman kebakaran lahan dari regu gabungan berupaya semaksimal mungkin dengan mesin pompa air portabel agar api tak membesar dari akses yang berdekatan dengan sumber air. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved