Breaking News:

BPost Cetak

Serangan Tungro Mengganas, Ibnu : Ganti Bibit Padi

Jika di lacakan sudah temukan penyakit tungro sebaiknya benih diganti dengan benih unggul

BPost Cetak
Pembalap kelahiran Binuang Kabupaten Tapin, H Ahmad Yudhistira, akan memperkuat DKI Jakarta pada PON XX di Papua 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penyakit tungro yang disebabkan oleh virus yang dibawa wereng hijau tidak bisa disembuhkan. Hanya bisa dikendalikan penyebarannya.

“Pengendalian terbaik untuk penyakit tungro dimulai dari awal tanam. Apabila di lacakan sudah temukan penyakit tungro sebaiknya benih diganti dengan benih unggul yang relatif lebih tahan terhadap penyakit tungro,” terang Kasi Perlindungan Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Baritokuala, Ibnu Medio Ginting, Rabu (28/8/2019).

Selain itu, sambungnya, perlu pemupukan berimbang agar penyakit tungro tidak aktif. Apabila kondisi tanaman sehat dan didukung oleh kondisi lingkungan yang baik, virus penyakit tungro tidak bisa berkembang. “Kuncinya petani harus menerapkan budidaya tanaman sehat,” katanya.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Batola telah meluncurkan media informasi pengendalian terpadu organisme pengganggu tanaman pangan disingkat Serdadumantap. Serdadumantap bisa di akses di telepon seluler melalui google.

Baca: Enam Belas Tahun Bina Tunarungu di Kalsel, Tangan dan Mimik Sintya Jadi Petunjuk Menyanyi

Baca: Tungro Serang Sejumlah Kabupaten, Stok Beras Kalsel Aman Hingga 2020

Baca: Gubernur Isran Noor Sebut Spekulan Lahan Ibu Kota Gantung Diri

Baca: Aktor Aquaman dan Anjingnya Terkurung 2 Jam dan Kelaparan, Jason Momoa Gagal Bobol Atap Lift

“Klik aja serdadumantap.home.blog pada halaman google. Petani bisa menemukan informasi bagaimana melakukan pengendalian hama penyakit tanaman. Minimal petani bisa melaksanakan pengendalian dini agar hama dan penyakit yang menyerang tidak meluas,” katanya.

Menurutnya, penanggulangan tungro itu dari awal tanam, seperti dari awal benih. Jika tahun sebelumnya terserang tungro dan benih yang digunakan berasal dari tanaman sebelumnya ada kecenderungan terserang tunggro lagi. “Sebaiknya ganti benih dan segera dilakukan pembersihan lahan,” katanya.

Ibnu mengatakan banyak petani sering tak membersihkan sawah dari bibit tanaman sebelumnya karena lahan begitu luas.

Cara paling efektif untuk mencegah tunggro adalah saat padi masih di lacakan. Jika ada tanaman padi terkena tunggro dan daun berubah menjadi orange, maka padi tersebut harus segera dicabut lalu dibenamkan ke tanah.

“Setelah itu kita semprot pakai insektisida untuk tanaman padi sehingga bisa mengendalikan wereng hijau,” katanya,

Dijelaskannya, toko penjual obat pertanian itu cukup banyak. Pilih insetisida yang direkomendasikan untuk padi. Biasanya insektisida bantuan dinas pertanian yakni aplaud, sidatan dan buprosida.

Halaman
12
Penulis: Edi Nugroho
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved