Berita Banjarbaru

Total 57 Kasus Kerhutla Terekam Satgas Gakum Polda Kalsel di 2019, Tiga Kasus Naik ke Penyidikan

Dari 57 kasus itu, tiga kasus pembakaran yang naik ke tahap penyidikan adalah kasus yang ditangani Polres Banjar, Polres HST, dan Polres Tala.

Total 57 Kasus Kerhutla Terekam Satgas Gakum Polda Kalsel di 2019, Tiga Kasus Naik ke Penyidikan
banjarmasinpost.co.id/nurholishuda
Rakor evaluasi penanganan Karhutla di Kalsel di Aula BPBD Kalsel, Kamis (29/8/2019), hadir pula Satgas Gakum dari Polda Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU -  Selama kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2019 ini, Satuan Petugas Dari Penegakan Hukum yang baru terekap di Ditreskrimsus Polda Kalsel dari Polres jajaran se Kalsel terdapat 57 kasus. Tiga di antaranya sudah ada tersangka dan kasusnya sudah dalam tahap penyidikan pihak kepolisian.

Hal itu ditegaskan oleh Kanit BBM Tipitet Ditreskrimsus Polda Kalsel, Komisaris Polisi Ajie Lukman, Kamis (29/8/2019) ketika evaluasi penanganan Karhutla di Kalsel dalam satgas gabungan di BPBD Kalsel.

Dari 57 kasus itu, tiga kasus pembakaran yang naik ke tahap penyidikan adalah kasus yang ditangani Polres Banjar, Polres Hulu Sungai Tengah, dan Polres Tala.

Dijelaskan Aji Lukman, pihaknya terus melakukan update tiap saat dan juga akan diminta laporan per Polres jajaran untuk Dimintakan reserse kriminalnya untuk laporan.

Baca: Heli Water Boombing Bakal Ditambah di Kalsel, Ada Enam Heli Bakal Atasi Karhutla di Kalsel

Selain dari itu, 54 kasus dalam penyelidikan dan ada satu yang dugaannya mengarah ke kebun dan masih kami dalam apakah ada kaitan dengan koorporasi atau tidak.

"Untuk dugaan yang mengarah ke koorporasi di lahan perkebunan baru satu. Dan ini masih dialami pihak kepolisian dengan menggadeng Polres setempat," kata Aji Lukman.

Selain menggandeng Polres setempat kepolisian juga mendatangkan pihak ahli untuk memperkuat dugaan tersebut.

Namun saat disinggung soal dugaan pelaku pembakaran lahan yang masuk di Polres Bnajarbaru masih belum terekam pihaknya.

"Nah untuk yang baru ini di Banjarbaru nanti akan diupdate melalui Kasat Reskrimnya," kata mantan Kapolsek Banjarmasin Timur itu.

Baca: Desa Awang Sempat Terbakar Seluas 15 Hektare, Ini yang Dilakukan Satgas Karhutla HST

Namun Ditegaskannya, jika memang diduga pelaku ini memang benar terbukti, maka akan dihukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Halaman
123
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved