Berita Kalteng

BREAKING NEWS - Kapal Sembako Tenggelam Menabrak Batang Kayu di Pelabuhan Pasar Lama Buntok Kalteng

Warga yang tinggal di bantaran Sungai Barito tepatnya di Pelabuhan Pasar Lama Buntok Jalan Niaga RT. 22 RW 03. Kelurahan Buntok Kota

BREAKING NEWS - Kapal Sembako Tenggelam Menabrak Batang Kayu di Pelabuhan Pasar Lama Buntok Kalteng
Polres Barsel
Kapal pengangkut Sembako KM Zahara tenggelam di Pelabuhan Pasar Lama Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, Kamis (29/8/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BUNTOK- Warga yang tinggal di bantaran Sungai Barito tepatnya di Pelabuhan Pasar Lama Buntok Jalan Niaga RT. 22 RW 03. Kelurahan Buntok Kota Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kamis (29/8/2019) siang geger.

Sebuah kapal sembako KM Zahara secara tiba-tiba karam saat ingin merapat ke pelabuhan tersebut, yang diduga dampak dari kapal menghantam batang kayu yang ada di bagian dasar air, sehingga bodi kapal pecah sehingga air masuk ke dalam kapal hingga kapal karam.

Pemilik kapal, Bahrudin alias Utuh Kacut (56) warga yang tinggal di Jalan Pematang Fungsi Buntok Kecamatan Dusun Selatan , Barsel sudah berusaha untuk mencegah agar kapal tidak karam,namun karena air yang masuk ke dalam kapal cukup banyak sehingga kapal pun tenggelam.

Informasi terhimpun, Kapal Bermuatan sarat bahan makanan pokok KM Zahara yang berisikan sembako merupakan salah satu pemasok sembako dari Kalimantan Selatan, untuk Kabupaten Barito Selatan, sembako merupakan pesanan pedagang setempat untuk dijual.

Baca: UPDATE Rusuh Papua, Kabel Koneksi Antar-BTS Dibakar Massa, 313 BTS Jayapura Mati

Baca: Jayapura Rusuh, Jokowi Minta Masyarakat Papua Tenang, Perintahkan Aparat Tindak Tegas Pelaku Anarkis

Baca: Hasil Drawing Liga Champion Eropa, Grup F Neraka Ada Barcelona, Inter Milan dan Borrusia Dortmund

"Selama ini pasokan sembako di Barsel memang kebanyakan kiriman dari Kalimantan Selatan, termasuk kapal KM Zahara yang berisi sembako yang tenggelam juga dari Kalsel, untuk pedagang di Barsel," ujar Halidi, salah seorang warga Barito Selatan, Jumat (30/8/2019).

Kapal pengangkut Sembako KM Zahara tenggelam di Pelabuhan Pasar Lama Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, Kamis (29/8/2019).
Kapal pengangkut Sembako KM Zahara tenggelam di Pelabuhan Pasar Lama Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, Kamis (29/8/2019). (Polres Barsel)

Keterangan Kapolres Barsel, AKBP Wahid Kurniawan, membenarkan kejadian tersebut.Dia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun pemilik kapal mengalami kerugian materi sekitar Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah).

Kejadiannya, Kamis (29/8/2019) pukul 01.00 Wib datang Kapal Dagang KM Zahra milik Bahruddin yang membawa sembako dengan 5 orang anak buah kapal (ABK). "Selanjutnya tambat di belakang Pospol Pasar Lama. Pada saat akan tambat dan merapat menepi, kapal menabrak kayu yang berada di dalam air sungai yang menyebabkan kapal bocor sehingga tenggelam," ujarnya.

(banjarmasinpost co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved