Bumi Selidah

Bupati dan Wakil Bupati Batola Bersihkan Sampah dan Eceng Gondok di Sungai Barito

Bupati dan Wakil Bupati Batola Bersihkan Sampah dan Eceng Gondok di Sungai Barito

Bupati dan Wakil Bupati Batola Bersihkan Sampah dan Eceng Gondok di Sungai Barito
humas pemkab batola
Aksi bersih-bersih Sungai Barito yang berada di bantaran Siring Wisata Marabahan depan Kantor Bupati Batola dan kediaman Bupati. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Halaman Kantor Bupati Barito Kuala (Batola) dipenuhi pelajar dan para ASN.

Di antara mereka terlihat pula Bupati Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Sementara Saleh, para anggota forkopimda, dan para pimpinan SKPD.

Mereka pun membaur jadi satu melakukan senam bersama. Jumat (29/08/2019) pagi, Pemkab Batola menggelar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019.

Peringatan yang mengusung tema “Biru Langitku, Hijau Bumiku” ini berisi sejumlah rangkaian kegiatan.

Mulai senam berhadiah undian, pengumuman dan pemberian hadiah pemenang lomba kebersihan kategori SKPD, kecamatan dan permukiman, penyerahan secara simbolis SK dan baju kaus Pemuda Peduli Lingkungan, serta penyerahan trophy piagam dan hadiah lomba kepada sekolah Adiwiyata tahun 2019 yakni SDN Gampa Asahi 1, SDN Sidorejo Tamban, dan MTs Istidaussalam Anjir Pasar.

Lebih memberi makna, peringatan kali ini juga dirangkai aksi bersih-bersih Sungai Barito yang berada di bantaran Siring Wisata Marabahan depan Kantor Bupati Batola dan kediaman Bupati.

Aksi yang dipimpin langsung Bupati Noormiliyani dan Wakil Bupati Rahmadian Noor beserta Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti ini berupa pembersihan sampah dan eceng gondok supaya terlihat bersih dan indah serta tidak menghalangi pengguna yang lewat.

Sebelumnya, dalam pelaksanaan peringatan, Noormiliyani menyinggung terhadap Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) Pengolahan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga yang telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Barito Kuala Nomor 56 Tahun 2018 untuk mengurangi sampah sekitar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen sampai tahun 2025.

Untuk mencapai target tersebut, telah dibuat beberapa aturan dan kebijakan terkait sampah plastik yaitu Peraturan Bupati Barito Kuala Nomor 68 Tahun 2018 dan Instruksi Bupati Nomor 03 Tahun 2018 tentang Pengurangan Sampah Plastik.

Dari adanya kebijakan ini diperkirakan jumlah sampah yang dapat dikurangi 3 – 4 ton per hari.

Halaman
12
Penulis: Edi Nugroho
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved