FMIP Prodi Farmasi ULM

Gerakan “Sadar SIS” Sampaikan dari Sini Tuberkulosis di Desa Pulau Sugara Kabupaten Barito Kuala

Gerakan “Sadar SIS” Sampaikan dari Sini Tuberkulosis di Desa Pulau Sugara Kabupaten Barito Kuala

Gerakan “Sadar SIS” Sampaikan dari Sini Tuberkulosis di Desa Pulau Sugara Kabupaten Barito Kuala
FMIP Prodi Farmasi ULM
FMIP Prodi Farmasi ULM Kegiatan pengabdian berupa Gerakan Sadar Sis “Sampaikan dari Sini dari Tuberkulosis” di Desa Pulau Sugara, Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala, Kalsel, Sealsa (27/8/2019) lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PULAU SUGARA - Kegiatan pengabdian berupa Gerakan Sadar SIS “Sampaikan dari Sini dari Tuberkulosis” di Desa Pulau Sugara, Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala, Kalsel bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit Tuberkulosis.

Melalui penyuluhan oleh petugas TB dari Puskesmas terdekat yakni Puskesmas Berangas serta pembagian booklet mengenai informasi Tuberkulosis serta cara pencegahan dan pengobatannya.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan puskesmas setempat yakni Puskesmas Berangas yang bertindak sebagai narasumber dan penyedia materi selama kegiatan penyuluhan.

Kegiatan pengabdian juga melibatkan aparat desa Pulau Sugara sebagai penyedia tempat kegiatan.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Agustus 2019 di Balai Desa, Pulau Sugara Kabupaten Barito Kuala.

Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Bapak Mawardi selaku Sekretaris Desa.

Pemberian penyuluhan tentang penyakit Tuberkulosis disampaikan oleh Bapak Ahmad Sabarudin selaku petugas kesehatan yang bekerja di Puskesmas Berangas dan telah lebih dari sepuluh tahun terakhir menangani kasus TB.

Selain itu, penyuluhan juga disampaikan oleh Dosen Farmasi ULM yakni Dini Rahmatika M. Pharm. Sci, Apt sebagai narasumber kedua.

Narasumber juga memaparkan untuk tidak malu dating ke puskesmas jika mengalami gejala TB dan tidak perlu panic karena akan didampingi oleh petugas.

Narasumber juga membawa obat untuk penanganan TB serta memaparkan aturan minum obat.  (aol/*)

Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved