Berita Regional

Ibu Kota Jawa Barat Ikut-ikutan Mau Dipindah, Ini Alasan dan Calon Lokasi yang Bakal Dipilih

Tak mau kalah dengan pemindahan ibu kota negara RI, Ibu Kota Jawa Barat juga diwacanakan mau dipindah.

Ibu Kota Jawa Barat Ikut-ikutan Mau Dipindah, Ini Alasan dan Calon Lokasi yang Bakal Dipilih
dok. PT Jasa Marga Persero Tbk
Banjir di pintu tol Pasteur, tepatnya di depan Bandung Trade Center, Kota Bandung. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tak mau kalah dengan pemindahan ibu kota negara RI, Ibu Kota Jawa Barat juga diwacanakan mau dipindah.

Ibu Kota Jawa Barat yang saat ini berada di Kota Bandung, diakui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sedang diwacanakan untuk dipindah.

Gubernur yang kerap dipanggil Kang Emil tersebut mengatakan bahwa wacana tersebut muncul ketika ia menggelar rapat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jabar bersama Pansus VII awal pekan lalu.

"Kemarin RTRW Jabar sudah disahkan untuk sampai 2029. Di dalamnya Rebana sudah masuk kan, penataan jalur transportasi sudah masuk, termasuk persetujuan wacana pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi," ujarnya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (29/8/2019).

Baca: Ronaldo Pulang dengan Tangan Hampa Setelah Namanya Tak Disebut di Acara Pemain Terbaik Eropa

Baca: BREAKING NEWS - Kapal Sembako Tenggelam Menabrak Batang Kayu di Pelabuhan Pasar Lama Buntok Kalteng

Baca: UPDATE Rusuh Papua, Kabel Koneksi Antar-BTS Dibakar Massa, 313 BTS Jayapura Mati

Alasan dipindah

Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat, menurut Emil diperlukan lantaran secara fisik Kota Bandung sudah tak lagi mendukung sebagai pusat pemerintahan provinsi.

"Karena pada dasarnya, secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan," ujarnya.

Emil juga menilai lokasi kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang tak tersentralisasi juga menjadi hambatan. Adapun, kajian soal perencanaan ini akan mulai dilakukan enam bulan ke depan.

"Contohnya kantor pemerintahan cek-clok (terpisah-pisah) dan tidak produktif. Kajian dilaksanakan enam bulan ke depan, nanti media dikabari lagi," ujarnya.

Rencana pemindahan Ibu Kota Jawa Barat ke luar Bandung disebut Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanandi tercetus dari keluhan Wakil Gubernur Jabar UU Ruzhanul Ulum lantaran sulit memanggil SKPD karena posisi kantor yang tersebar.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved