Berita Tanahlaut

Rayakan Hari Lahir, SMPN 1 Pelaihari Buka Bazar untuk Mendidik Siswa Berwirausaha

Kemeriahan perayaan Hari Jadi SMPN 1 Pelaihari pada usia ke 61 diakhiri dengan puncak acara pembagian hadiah dan pemotongan tumpeng

Rayakan Hari Lahir, SMPN 1 Pelaihari Buka Bazar untuk Mendidik Siswa Berwirausaha
rahmadi untuk banjarmasinpost.co.id
Bupati Tanahlaut Sukamta meresmikan bazar pada HUT SMPN 1 Pelaihari 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kemeriahan perayaan Hari Jadi SMPN 1 Pelaihari pada usia ke 61 diakhiri dengan puncak acara pembagian hadiah dan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Wakil Bupati Tanahlaut, Abdi Rahman, Kamis (29/8/2019) kemaren.

Hari jadi SMPN 1 Pelaihari yang dirayakan selama dua hari tersebut, yakni Rabu (28/8/2019) hingga Kamis kemaren diawali pembukaan stand bazar kelas. Terdiri dari 20 stand yang menjual berbagai kerajinan siswa.

Selain itu, ada pula kudapan sehat hasil olahan siswa berkolaborasi dengan orangtua yang tergabung dalam paguyuban kelas juga wali kelas.

Baca: Gara-gara Aplikasi Smule, Petugas PPSU Nikahi Bule Cantik Austria, Orangtua Dibilang Jangan Mimpi

Sebelum pembukaan bazar tersebut, Bupati Tanah Laut, H Sukamta dalam sambutannya mengatakan bahwa sekolah harus kreatif dan inovatif, sesuai dengan kemajuan zaman yang penuh tantangan. Tidak kalah pentingnya adalah karakter siswa, berbudi pekerti dan terus berprestasi.

Baca: UPDATE Rusuh Papua, 250 Personel Brimob Pakai 2 Pesawat, Kapolda Kalsel: Negara Memanggil Saudara!

Sementara kepala SMPN 1 Pelaihari, Drs Iriansyah mengatakan dalam sambutannya, bahwa acara perayaan HUT SMPN 1 Pelaihari yang ke 61 diikuti orangtua siswa yang terdiri dari 20 kelompok paguyuban dari 20 kelas. Mereka terlihat sangat antusias dalam mensukseskan acara. Selain itu mengharapkan dengan momen HUT siswa lebih giat dalam berprestasi di bidang akademik atau non akademik,

Baca: Keberadaan Kapal MV Nur Allya dan 25 Penumpangnya Masih Misteri, Pesawat Casena Sudah 2 Kali Mencari

“UN tahun 2019 ini salah satu SMPN 1 Pelaihari meraih nilai tertinggi se Kabupaten Tanah laut, semoga tahun 2020 bisa mempertahankan keberhasilan tersebut,” ucap Iriansyah.

Siswa kelas IX, Keija Ajeng menjadi peserta dalam bazar tersebut, ia mengatakan bahwa stand bazar mereka tidak menggunakan bungkus plastik. Hal itu sebagai usaha untuk mengurangi sampah anorganik

Pemotongan pita pembukaan stand bazar langsung oleh Bupati Tanahlaut, Sukamta di dampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanahlaut, Abdillah, Kepala SMPN.1 Pelaihari, Iriansyah, dan jajaran serta tambu undangan.

Sementara itu ketua Panitia bidang Bazar, Hajimah mengatakan bahwa tema bazar tahun ini adalah SASIRANGAN (Sajian Sehat, Rasa Lezat dan Menyenangkan). Disajikan di semua stand bebas dari pemanis buatan, pewarna yang berbahaya bagi kesehatan.

“Rasa dijamin lezat dan menyenangkan karena semua stand ditata dengan indah dan rapi,” ucap Hajimah.

Ia juga menjelaskan, keanekaragaman hasil olahan, kebersihan, kerapian dan keramah tamahan petugas stand dinilai oleh delapan orang juri. Terdiri dari empat orang dari guru non wali kelas, dua orang dari Dinas Kesehatan dan dua orang dari nanang galuh tanah laut 2019.

Bazar itu tambahnya sekaligus mendidik siswa dalam hal kewirausahaan dan kemandirian.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved