Breaking News:

Berita Banjarmasin

Setiap Bulan PLN Banjarmasin Kehilangan Daya 1,3 Juta Kwh, Rugi Rp 1,1 Miliar Tiap Bulan

Setiap Bulan PLN Banjarmasin Kehilangan Daya 1,3 Juta Kwh, Rugi Rp 1,1 Miliar Tiap Bulan

Penulis: Jumadi | Editor: Royan Naimi
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Manager Bagian Konstruksi, PLN (Persero) UP3 Banjarmasin, Masiam (kanan), didampinggi Manager Administrasi dan Keuangan SDM serta Humas PLN, Teguh Wasiato (kiri). 

BANJARMASIN.CO.ID, BANJARMASIN - Setiap bulan PT PLN (Persero) UP3 Banjarmasin mengalami kehilangan daya sekitar 1,3 juta KWh (Kilo Watt Hour) atau satuan daya listrik.

Kehilangan itu disebabkan akibat adanya pencurian listrik yang banyak dilakukan oleh oknum masyarakat.

Manager Bagian Konstruksi, PLN UP3 Banjarmasin Masiam mengatakan, beragam pencurian listrik yang digunakan oknum masyarakat, seperti untuk penerangan jalan umum (PJU) hingga pencurian listrik rumah tangga yang digunakan untuk keperluan pribadi.

"Namun demikian jajaran PLN dengan bantuan pihak kepolisian tetap melakukan pengawasan dan razia pada tempat yang diduga adanya PJU liar,"terang Masiam, didampingi Kepala Bagian Keuangan, SDM, Administrasi dan Humas, Teguh Wasiato di ruang kerjanya, Kamis (29/8/2019).

Baca: Lebih 100 Karyawan PT SIS Diduga Keracunan, Manajemen PT Sapta Indra Sejati Siap Bantu Investigasi

Baca: Wasiat Nikita Mirzani pada Sahabatnya Pasca Labrak Elza Syarief di Acara Hotman Paris Show

Baca: Video Istri Ahok BTP, Puput Nastiti & Nicholas Sean Saat Bersama, Cek Ekspresi Putra Veronica Tan

Baca: Makan Gurita Hidup, Ria Ricis Ditegur Keras Pecinta Satwa, Teman Verrell Bramasta Itu Diminta Ini

Ditambahkannya, dengan kerugian kehilangan daya sebanyak 1,3 juta KWh, maka kalau ditotal kerugiannya mencapai sekitar Rp 1,1 miliar.

"Dari pencurian itu kami mengalami kerugian sebesar itu,"tambahnya.

Ditambahkannya, dengan kehilangan daya sebesar 1,3 juta KWh, seharusnya dapat menerangi atau memberikan pelayanan sebanyak satu kampung pelanggan.

Kemudian dengan adanya pencurian listrik tersebut, selain mengalami kerugian bagi negara, tindakan mencuri listrik juga berbahaya karena menimbulkan potensi kebakaran.

"Mengurangi adanya pencurian listrik, jajaran kami setiap hari ada 10 tim yang terdiri dari 6 orang bergerak untuk melakukan razia ke beberapa tempat,"terangnya.

Selain itu, pihaknya juga sering sosialisasi dan mengedepankan upaya preventif agar masyarakat tidak melakukan pencurian listrik.

Seperti diketahui, PT PLN UP3 Banjarmasin sendiri membawahi 7 unit dengan jumlah pelanggan mencapai 600 ribu pelanggan tersebar dari Kabupaten Batola hingga sebagian wilayah Kabupaten Banjar.

(banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved