Berita Regional

4 Mahasiswa Senior Universitas Khairun Terlbat Kasus Mahasiswa Baru Minum Air Campur Ludah Diskor

Empat mahasiswa senior Universitas Khairun Ternata yang terlibat dalam kasus mahasiswa baru disuruh minum air campur ludah saat ospek diskor.

(Twitter)
Tangkapan layar video viral ospek mahasiswa baru di Universitas Khairun. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TERNATE - Empat mahasiswa senior Universitas Khairun Ternata, Maluku Utara yang terlibat dalam kasus mahasiswa baru disuruh minum air campur ludah saat ospek diberi sanksi.

Pihak Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara memberikan sanksi bagi senior yang terlibat dalam aksi minum air ludah saat pelaksanaan masa Informasi dan Orientasi (Inforient) yang berlangsung selama dua hari ,dari 29-30 Agustus 2019.

Rektor Unkhair Ternate, Husen Alting melalui rilisnya yang diterima Kompas.com mengatakan, pihak kampus telah mengambil langkah-langkah atas pelaksanaan Inforient pada 29 Agustus 2019 yang berlangsung di Fakultas Kelautan dan Perikanan.

Pihak kampus juga secara tertulis menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut.

“Kami selaku pimpinan Unkhair menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut sekaligus mengutuk keras perbuatan yang dilakukan itu,” kata Husen.

Baca: Ospek Mahasiswa Jalan Jongkok dan Minum Air Campur Ludah, Penjelasan Universitas dan Ristek Dikti

Baca juga: Viral Ospek Mahasiswa Jalan Jongkok dan Minum Air Bekas Ludah Terjadi di Universitas Khairun, Ternate

Atas aksi itu, pihak universitas melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan telah mengidentifikasi dan memeriksa semua oknum yang terlibat dalam kejadian tersebut.

Di antaranya, berdasarkan hasil pemeriksaan, ditemukan empat orang mahasiswa senior yang terlibat secara langsung dalam kejadian tersebut yakni berinisial AE, FSMA, LM dan NSF, yang semuanya adalah mahasiswa pada Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan.

Para mahasiswa tersebut, kata Rektor Unkhair telah menyampaikan permintaan maaf dan penyesalan atas tindakan tidak terpuji mereka kepada mahasiswa baru, civitas akademika dan masyarakat.

Baca: Viral Video Ospek, Mahasiswa Baru Universitas Khairun Dihukum Minum Air Campur Ludah, Ini Faktanya

Dikatakan juga, berdasarkan hasil pemeriksaan, ditemukan fakta terjadinya pelanggaran terhadap peraturan akademik dan kode etik mahasiswa yang berlaku di Universitas Khairun, Oleh karena itu, keempat mahasiswa tersebut diberi sanksi.

“Terhadap oknum mahasiswa dengan inisial AE diberikan sanksi berupa skorsing perkuliahan selama 2 semester. Sedangkan oknum mahasiswa dengan inisial FSMA, LM dan NSF masing-masing diberikan sanksi skorsing selama 1 semester,” tulis Husen Alting dalam rilisnya. 

(Penulis Kontributor Ternate, Fatimah Yamin/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Universitas Khairun Menskors 4 Mahasiswa Senior yang Terlibat Ospek", https://regional.kompas.com/read/2019/08/30/16022571/universitas-khairun-menskors-4-mahasiswa-senior-yang-terlibat-ospek.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved