Superball

Jarang Dimainkan di Liverpool, Shaqiri Diturunkan Klopp Saat Hadapi Lawan Seperti Ini

Dari lima pertandingan itu, Xherdan Shaqiri ternyata baru merasakan tampil selama 11 menit.

Jarang Dimainkan di Liverpool, Shaqiri Diturunkan Klopp Saat Hadapi Lawan Seperti Ini
FABRICE COFFRINI / AFP
Reaksi playmaker timnas Swiss Xherdan Shaqiri dalam partai uji coba melawan Belarus di Maladiere Stadium, Neuchatel, 1 Juni 2017. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - DI antara semua kontestan Liga Inggris, Liverpool menjadi tim yang sudah melakoni pertandingan paling banyak.

Di awal musim ini, tim besutan Jurgen Klopp itu sudah menjalani lima pertandingan. Tiga di Premier League dan dua lainnya di Community Shield serta Piala Super Eropa.

Namun, dari lima pertandingan itu, Xherdan Shaqiri ternyata baru merasakan tampil selama 11 menit. Satu-satunya pertandingan yang dilakoni penyerang 27 tahun itu adalah laga Community Shield.

Ia dimainkan oleh Klopp saat Liverpool berusaha mengejar ketertinggalan 0-1 melawan Manchester City (The Reds akhirnya kalah adu penalti, 5-6).

Sementara di pentas Premier League penyerang sayap asal Swiss itu sama sekali belum dimainkan.

Baca: Live Mola TV! Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Malaysia Kualifikasi Piala Dunia 2022

Baca: Link Live Streaming Bhayangkara FC vs Persebaya Liga 1 2019 Pekan 17, Siaran Langsung Indosiar

Memang sejak didatangkan ke Anfield pada Juli 2018, Shaqiri sepertinya diplot untuk jadi pemain dalam skema alternatif. Sebabnya untuk mengeksploitasi kemampuan menyerang Shaqiri, Klopp harus memakai formasi 4-2-3-1. Padahal, pelatih asal Jerman itu selama ini lebih banyak menggunakan skema 4-3-3.

Kendati begitu, bukan berarti kemampuan Shaqiri tidak diperlukan. Klopp hampir selalu menurunkan mantan winger FC Basel, Bayern Muenchen, dan Inter Milan, dan Stoke City itu bila Liverpool menghadapi lawan yang defensif.

Dengan kecepatan dan manuvernya, Shaqiri kerap berhasil membongkar pertahanan lawan. Hanya saja salah satu kelemahan Shaqiri adalah kurangnya kontribusi dalam bertahan.

Selain Shaqiri ada pemain lain yang waktu tampilnya juga terbilang minim musim ini. Mereka adalah Adam Lallana (gelandang) dan Dejan Lovren (bek). Seperti Shaqiri, musim ini Lallana baru tampil sebanyak 15 menit. Sementara Lovren bahkan belum pernah tampil sama sekali. (tribunnews/dod)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved