Berita Kabupaten Banjar

Siapa Tertarik Ingin Jadi Anggota BPD di Kabupaten Banjar? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Siapa Tertarik Ingin Jadi Anggota BPD di Kabupaten Banjar? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Siapa Tertarik Ingin Jadi Anggota BPD di Kabupaten Banjar? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi
banjarmasinpost.co/id/idda royani
Asfihani¬†kepala Dinas PMD Banjar, saat menyampaikan sambutan pada acara beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dalam waktu dekat masa jabatan anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), berakhir. Selanjutnya akan dilakukan pemilihan anggota yang baru.

"Pemilihannya dilakukan serentak karema masa jabatan anggota BPD Banjar yang ada saat ini, sama," ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banjar H Aspihani, Jumat (30/08/2019).

Dikatakannya, jumlah BPD di Kabupaten Banjar sebanyak 277 sesuai jumlah desa. Pembentukan anggota BPD diatur pada Peraturan Daerah (Perda) nomor 12 tahun 2018. Saat ini sedang disusun peraturan bupati yang mengatur tata cara pemilihan anggota BPD.

Asfihani menuturkan pemilihan anggota BPD melalui proses demokrasi terbuka layaknya pemilihan kepala desa. Namun pelaksanaannya lebih sederhana karena anggarannya juga terbatas lantaran dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Semua warga boleh mendaftarkan diri menjadi calon anggota BPD asal memenuhi syarat. Persyaratannya pun cukup ringan antara lain berijazah SMP sederajat dan usia minimal 20 tahun.

Baca: Demi Akses Pemasaran, Pemkab HSS Gelar Temu Usaha Pelaku Pertanian

Baca: Wasiat Nikita Mirzani pada Sahabatnya Pasca Labrak Elza Syarief di Acara Hotman Paris Show

Baca: BREAKING NEWS: Karyawan PT SIS Diduga Keracunan di Tabalong dan Barito Timur

Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar HM Hilman mengharapkan pada Februari 2020 mendatang pemilihan anggota BPD telah selesai. Pasalnya pada April 2020 dijadwalkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades).

"Jadi, setelah nanti terpilih, lima orang
anggota BPD yang baru langsung punya tugas untuk mempersiapkan pilkades dengan membentuk panitia pilkades," sebutnya.

Saat ini dari 277 desa di Banjar, pada April 2020 mendatang tercatat sekitar 140 desa yang akan dilaksanakan pilkades secara serentak.

Mengenai anggatan pilkades, Hilman mengatakan telah dianggarkan dalam APBD Banjar 2020. "Nilainya berapa saya tidak ingat detailnya. Yang jelas nanti ditanggung bersama oleh APBD dan APBDes," tandasnya.

Kalangan anggota BPD di Banjar merespons positif pelaksanaan pemilihan anggota BPD secara serentak, Februari mendatang. "Insha Allah kau masih dapat kepercayaan masyarakat, saya akan mencalonkan lagi," ucap Fauzi, ketua BPD Tiwinganbaru.

(banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved