Berita Tabalong

Tim Peneliti PTUPT Uniska Kunjungi Lokasi Pengolahan Air Limbah Jadi Air Bersih di Tabalong

Tim Peneliti PTUPT Uniska Kunjungi Lokasi Pengolahan Air Limbah Jadi Air Bersih di Tabalong

Tim Peneliti PTUPT Uniska Kunjungi Lokasi Pengolahan Air Limbah Jadi Air Bersih di Tabalong
Tim Peneliti PTUPT Uniska
Tim Peneliti PTUPT dari UNISKA Banjarmasin, Dr Nurul dan Dr Akbar bersama mitra AHLI (Analisis Hukum Lingkungan Institut) dan Dinas Lingkungan Hidup Tabalong berkunjung ke kantor PT Adaro Indonesia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tim Peneliti PTUPT dari UNISKA Banjarmasin, Dr Nurul dan Dr Akbar bersama mitra AHLI (Analisis Hukum Lingkungan Institut) dan Dinas Lingkungan Hidup Tabalong berkunjung ke kantor PT Adaro Indonesia yang bergerak dalam bidang usaha pertambangan batubara di Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Dr. Nurul Listiyani mengatakan, agenda kunjungan tersebut merupakan penerapan model pengawasan pengelolaan lingkungan hidup yang telah dikaji bersama dalam diskusi terbatas melalui Focus Group Discussion (FGD) bersama stakeholder yakni Pemerintah Provinsi Kalsel, Dinas ESDM provinsi Kalsel, DLH Kab Tabalong, Pemkab Tabalong, LSM, akademisi, tokoh masyarakat dan pelaku tambang.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) hibah Ristekdikti Tahun 2019," kata Dr Nurul, Jumat (30/8/2019).

Tim Peneliti Uniska tersebut terdiri dari Dr. Nurul Listiyani, MH sebagai Ketua Tim bersama Dr. Muzahid Akbar Hayat, M. I.Kom sebagai anggota. 

Baca: Ini Menu Makanan Diduga Penyebab Karyawan PT SIS Keracunan, Data Polres Tabalong 119 Orang Dirawat

Baca: Video Istri Ahok BTP, Puput Nastiti & Nicholas Sean Saat Bersama, Cek Ekspresi Putra Veronica Tan

Baca: Pria Banjarmasin Ini Rogoh Kocek Rp 5 Juta Bikin Bawa Atribut Karnaval Etnik di Parisj Van Borneo

Kunjungan ini disambut baik oleh perwakilan PT. Adaro Indonesia yakni Dodik Choiron, Divisi HSE beserta tim dan diselenggarakan diskusi lanjutan mengenai tindak lanjut penerapan model pengawasan pengelolaan lingkungan hidup.

Pada Agenda tersebut tim Peneliti, DLH kab. Tabalong dan mitra didampingi perwakilan PT. Adaro melakukan kaji terap beberapa lokasi di wilayah pertambangan yang menjadi obyek pengawasan pengelolaan lingkungan hidup.

Dalam kegiatan kaji terap ini, Tim Peneliti mengunjungi tiga lokasi; Lokasi pertama yakni lokasi pengolahan bio diesel dari minyak jelantah, lokasi kedua yakni tempat pengolahan air limbah menjadi air bersih yang akan didistribusikan ke masyarakat Tabalong secara gratis, lokasi ketiga yakni tempat pengolahan air limbah menjadi air bersih yang selanjutnya disalurkan ke sungai Batang Panjang.

(banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved