Breaking News:

Berita Regional

Warga Penganiaya Kades yang Memicu Bentrok Dua Desa di Pulau Seram Ditangkap Polisi

warga berinisial MS pasca-bentrok antarwarga yang terjadi di Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku (Sabtu (31/8/2019).

Editor: Elpianur Achmad
KOMPAS.com/Citra Indriani
Ilustrasi - Bentrok mahasiswa Fakultas FISIP dengan Teknik Universitas Riau berlangsung hingga malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMBON - Polisi bergerak cepat membekuk seorang warga yang diduga merupakan pelaku penganiayaan terhadap kades hingga memicu terjadinya bentrok antarwarga di Kabupaten Seram Bagaian Barat.

Dilansir dari Kompas.com, warga berinisial MS pasca-bentrok antarwarga yang terjadi di Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku (Sabtu (31/8/2019).

MS di tangkap polisi lantaran di duga terlibat dalam aksi penganiayaan terhadap  Kepala Desa (Kades) Iha Zain Syaiful Latukaisupy (54) saat mobil yang dikendarai korban menabrak seorang bocah berusia 6 tahun di Dusun Tanah Goyang, Desa Loki, pada Jumat malam.

“Satu terduga pelaku penganiaya Raja Iha telah di tangkap polisi dan saat ini sudah di tahan,”kata Kapolsek Huamual, Ipda Elnath Splendidta kepada Kompas.com saat di konfirmasi dari Ambon, Sabtu malam.

Baca: Kades Dianaya Usai Menabrak Bocah, Dua Desa di Seram Bagian Barat Bentrok Usai Tabrak Bocah

Menurut Elnath saat ini kondisi keamanan di wilayah tersebut telah berhasil dikendalikan aparat TNI Polri. Dia mengaku pasca-bentrokan yang melukai seorang warga dan juga seorang anggota polisi itu, kondisi mulai berangsur kondusif.

“Warga yang terlibat bentrok sudah kembali ke rumahnya masing-masing, saat ini kondisi sudah terkendali namun kita masih tetap siaga satu,”kata dia.

Dia pun mengimbau kepada kedua warga desa yang terlibat bentrokan agar dapat menahan diri dan mempercayakan sepenuhnya penanganan kasus tersebut kepada pihak berwajib.

“Jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu, percayakan kepada aparat berwenang untuk penanganan masalah ini,”imbaunya.

Tabrak bocah 6 tahun
Diberitakan sebelumnya bentrokan antara kedua warga desa pecah setelah Kepala Desa (Raja) Negeri Iha, Zain Syaiful Latukaisupy dianiaya sejumlah oknum pemuda di Dusun Tanah Goyang, Desa Loki.

Kades Zain dianiaya lantaran mobil Toyota Avanza yang di kendarainya menabrak seorang bocah berusia 6 tahun saat melintas di dusun tersebut pada Jumat malam.

Baca: Seorang Warga Terkena Panah di Dada dan 1 Polisi Terluka, Terjadi Bentrok 2 Desa di Pulau Seram

Selain dianiaya, mobil yang dikendarai Zain juga ikut dilempari dan di rusak massa saat kejadian itu.

Buntut dari kejadian tersebut, warga yang marah karena kepala desanya diamuk massa langsung menyerang dusun Tanah Goyang.

Beruntung aparat TNI Polri segera tiba di lokasi kejadian dan langsung berusaha menghalau massa sehingga bentrokan yang semakin besar dapat segera diredam. 

(Penulis Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Tangkap Penganiaya Kades yang Memicu Bentrok Dua Desa di Pulau Seram", https://regional.kompas.com/read/2019/08/31/21375211/polisi-tangkap-penganiaya-kades-yang-memicu-bentrok-dua-desa-di-pulau-seram.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved