Berita Banjarmasin

Warga RT 07 Kompleks Kenanga Citra Puri Ingin Bentuk Pokdarwis Bertema Lampion Tanglong

Warga RT 07 Kompleks Kenanga Citra Puri, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil menjadi 10 besar juara kategori umum Kontes Gapura Cinta

Warga RT 07 Kompleks Kenanga Citra Puri Ingin Bentuk Pokdarwis Bertema Lampion Tanglong
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Warga RT 07 Komplek Kenanga Citra Puri berpose di depan Gapura kreasinya sabet 10 besar juara nasional 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Warga RT 07 Kompleks Kenanga Citra Puri, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil menjadi 10 besar juara kategori umum Kontes Gapura Cinta Negeri Nasional Tahun 2019.

Gapura dengan konsep lampion khas tanglong tersebut berhasil singkirkan lebih dari seribu empat ratus peserta Kontes lainnya di seluruh Indonesia.

Namun ternyata pembuatan kerajinan lampion khas tanglong ini bukan merupakan hasil kerajinan pertama yang dibuat warga di RT 07 Kompleks Kenanga Citra Puri.

Dijelaskan Ketua RT 07 Kompleks Kenanga Citra Puri, Yudi Irawan, warganya menang rajin menghias lingkungannya tentunya dengan kreasi lampion-lampion khas tanglong.

Baca: Amalan Dianjurkan Rasulullah SAW di Bulan Muharram Jelang Tahun Baru Islam 2019, 1 Muharram 1441 H

Baca: Ketakutan Syahrini Diungkap pada Reino Barack Saat Naik Jet Pribadi, Beberkan Isu Kehamilan?

Baca: Rahasia Ruben Onsu dan Sarwendah Tak Ungkap 2 Kejadian Sadis yang Dialami Orangtua Betran Peto

Dapat dilihat, di ruas-ruas jalan dan di berbagai sudut antara rumah-rumah warga di kawasan ini dihiasi lampion-lampion berbagai warna lengkap dengan lampu yang membuat makin menarik di malam hari.

Kawasan ini pun cukup sering didatangi masyarakat apalagi setelah diumumkannya Gapura kreasi warga RT 07 Kompleks Kenanga Citra Puri ini sukses jadi 10 besar juara nasional di Kontes Gapura Cinta Negeri.

Dijelaskan Ketua RT 07 Kompleks Kenanga Citra Puri, Yudi Irawan, Ia dan warganya sangat menginginkan kawasan tempat tinggalnya berkembang menjadi kawasan wisata urban.

Pihaknya juga berencana membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mantapkan misi tersebut dan mendapatkan dukungan dari Pemerintah melalui Dinas Pariwisata.

"Tentu kami memang ada niat untuk menuju Pokdarwis nantinya supaya kreatifitas warga di sini bisa lebih menjadi daya tarik untuk Kota Banjarmasin juga," kata Yudi.

Bukan tanpa alasan, kegiatan menghias lingkungan dengan lampion khas tanglong dilakukan karena warga di kawasan ini memang miliki keahlian untuk membuat kerajinan tersebut.

Erwin salah satunya, Ia bersama beberapa warga dipercaya sebagai pembuat lampion tanglong untuk berbagai kegiatan kepariwisataan di Banjarmasin.

Diantaranya Erwin terlibat pembuatan lampion tanglong pada Hari Jadi Kota Banjarmasin dan Harganas Tahun 2019 di Kalsel yang menampilkan parade kapal hias khas tanglong.

Dalam ajang tersebut, mereka menghias lebih dari 30 kapal hias dengan berbagai bentuk lampion menyesuaikan dengan setiap daerah di Indonesia.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved