Breaking News:

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat

Anggota DPR dari Kalangan Selebrita Paling Banyak Berasal dari PAN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 575 anggota DPR periode 2019-2024 yang terpilih berdasar hasil Pemilu 17 April.

Editor: Eka Dinayanti
BPost Cetak
BPost edisi cetak Minggu (1/9/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 575 anggota DPR periode 2019-2024 yang terpilih berdasar hasil Pemilu 17 April.

Berdasarkan perhitungan KPU, Puan Maharani, yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), mendapat suara terbanyak yakni 404.034.

Putri Megawati Soekarnoputri tersebut bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta.

Sedangkan di urutan kedua ada Cornelis (PDI Perjuangan), mantan Gubernur Kalimantan Barat, yang mendapat 285.797 suara.

Baca: Jatah Fantastis Uang Belanja Nagita Slavina dari Raffi Ahmad Hingga Disinggung Merry Hobi Belanja

Baca: Tak Ada Mulan Jameela di Daftar 13 Artis Lolos DPR RI, Krisdayanti Desy Ratnasari Eko Patrio Lolos

Baca: Reaksi Vicky Prasetyo Saat Dipertemukan Iva Lola, Eks Trio Macan Bongkar Rahasia Mantan Angel Lelga

Pada urutan ketiga terdapat nama Hidayat Nur Wahid (PKS), Wakil Ketua MPR, sebanyak 281.327 suara.

Nama beken lainnya yang masuk 10 besar peroleh suara antara lain Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan putra bungsu Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhi Baskoro Yudhoyono.

Bertempat di kantor KPU, Menteng, Jakarta, Sabtu (31/8), penetapan hasil Pemilu Legislatif 2019 itu dihadiri Ketua KPU Arief Budiman dan komisioner lainnya, pimpinan Komisi II DPR, Bawaslu, hingga perwakilan partai politik peserta pemilu.

"Penetapan dilakukan setelah KPU menindaklanjuti putusan MK (Mahkamah Konstitusi)," ujar Arief.

Selanjutnya, KPU akan mengusulkan calon terpilih untuk pengambilan sumpah janji kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Mahkamah Agung (MA).

Selain para politisi, ada sejumlah artis yang lolos melenggang ke Senayan, antara lain penyanyi Krisdayanti (PDI Perjuangan), Muhammad Farhan ( Partai NasDem), dan Tommy Kurniawan (PKB).

Ada juga nama-nama yang telah tercatat sebagai legislator di Senayan di periode sebelumnya yaitu Rieke Dyah Pitaloka (PDI Perjuangan), Rachel Maryan (Partai Gerindra), dan Dessy Ratnasari (PAN).

Anggota DPR dari kalangan selebrita ini paling banyak berasal dari PAN.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved