Fenomena Musik Panting di Banjarmasin

Makin Dikenal di Kalsel, Begini Perkembangan Musik Panting yang Kini Ditampilkan Layaknya Pengamen

Musik panting merupakan kesenian khas Banjar dari alat musik berbentuk seperti gambus dan dimainkan dengan cara dipetik senarnya.

Makin Dikenal di Kalsel, Begini Perkembangan Musik Panting yang Kini Ditampilkan Layaknya Pengamen
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Penampilan musik panting yang sering terlihat diberbagai kesempatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Menyebut nama musik panting, tentunya sudah tidaklah asing bahkan sangat akrab di telinga masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) khususnya lagi masyarakat Banjar.

Musik panting merupakan kesenian khas Banjar dari alat musik berbentuk seperti gambus dan dimainkan dengan cara dipetik senarnya. Dan biasanya dilengkapi juga dengan alat musik lainnya seperti biola, babun, sarun dan sebagainya.

Musik panting ini biasanya ditampilkan di berbagai kegiatan, baik itu instansi pemerintahan, acara pernikahan dan juga panggung hiburan untuk perayaan hari jadi kota maupun provinsi.

Dan pada perkembangannya, musik panting ini pun tidak hanya ditampilkan di acara-acara tertentu saja. Malah ada fenomena menarik, karena beberapa grup musik panting ada yang membawakannya di berbagai tempat, layaknya pengamen pada umumnya.

Baca: Reaksi Vicky Prasetyo Saat Dipertemukan Iva Lola, Eks Trio Macan Bongkar Rahasia Mantan Angel Lelga

Baca: Tak Ada Mulan Jameela di Daftar 13 Artis Lolos DPR RI, Krisdayanti Desy Ratnasari Eko Patrio Lolos

Baca: Jalan Layang Pangkalanbun - Kotawaringin Lama Dioperasionalkan Desember, Sudah Segini Pembangunanya

Baca: Pasca Menyantap Hidangan Aqiqah, 47 Warga Sukoharjo Keracunan Massal, Diduga Sayur Ini Penyebabnya

Tak heran karenanya sering kita jumpai grup musik panting tampil di beberapa rumah makan di Banjarmasin seperti di Warung Jukung Julak dan juga Soto Bang Amat yang ada di daerah Banua Anyar.

Malah ada juga grup musik panting yang rutin ngamen di Siring Jalan Piere Tendean, tepatnya di dekat Pasar Terapung yakni grup musik panting Saraba Sanggam.

"Sudah satu tahun lebih kami main (ngamen, red) di siring. Biasanya jadwal kami Sabtu sore dan juga Minggu pagi," ujar pimpinan Saraba Sanggam, Hermansyah Misbah.(banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved