Kesehatan

Menganggu Tidur Orang Terdekat, Ini 10 Penyebab Mendengkur dan Tips Mengatasinya

Mendengkur sepintas hanya kebiasaan yang lumrah dialami oleh sebagian orang. Namun, mendengkur ternyata mengganggu bahkan sampai berujung pembunuhan

Menganggu Tidur Orang Terdekat, Ini 10 Penyebab Mendengkur dan Tips Mengatasinya
KOMPAS.com
Ilustrasi - Tidur Mendengkur 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Peristiwa tewasnya Juminta (65) Warga Kampung Kobak Sumur, RT 01/04, Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi tentu sangat mengejutkan banyak orang.

Tak disangka, Juminta tewas dipukul linggis di bagian kepala oleh anak kandungnya sendiri Suhermen hanya karena suara dengkurannya yang menggangu.

Ya, Mendengkur sepintas hanya kebiasaan yang lumrah dialami oleh sebagian orang. Namun, mendengkur ternyata mengganggu bahkan sampai berujung pembunuhan seoerti yang dialami Juminta.

Kira-kira apa sih yang menyebabkan seseorang bisa mendengkur dan bagaimana cara mengatasinya?

Melansir Halodoc, timbulnya suara dengkuran adalah akibat saluran pernapasan tersumbat, lalu bergetar saat dilalui oleh aliran udara.

Suara dengkuran bisa terdengar halus atau keras (parau) yang mengganggu. Kebanyakan yang mendengkur saat tidur adalah orang dewasa dan hal ini bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari kegemukan sampai kebiasaan minum minuman beralkohol secara berlebihan.

Baca: Istilah Sakit Maag Tak Ada dalam Literatur Medis, Dokter ini Jelaskan Faktanya

Baca: Galih Ginanjar Rey Utami dan Pablo Benua Batal Bebas, Barbie Kumalasari Kecewa

Baca: Gara-gara Tidurnya Terganggu Suara Dengkuran, Anak Kandung Hantam Kepala Ayah dengan Linggis

Namun, mendengkur juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit apnea tidur yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lain yang cukup serius.

Penyebab Mendengkur

Biasanya dengkur terjadi ketika jaringan lunak di langit-langit mulut (soft palate), anak tekak (uvula), dan tenggorokan menjadi relaks pada saat kamu memasuki tahapan tidur yang lebih dalam, yaitu sekitar 90 menit setelah tertidur.

Otot dan jaringan yang sedang berada dalam kondisi rileks inilah yang menyebabkan terhalangnya aliran udara yang lewat, sehingga terjadilah getaran atau dengkur.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved