Berita Kabupaten Banjar

Diadang Petugas Polres Banjar, Tiga Pembalap Liar di Lingkar Selatan Kabur Tinggalkan Kendaraan

Aksi balapan liar di Jalanan lingkar selatan Gubernur Subardjo, kecamatan Kertakhanyar, Kabupaten Banjar kembali ditertibkan puluhan anggota gabungan.

Diadang Petugas Polres Banjar, Tiga Pembalap Liar di Lingkar Selatan Kabur Tinggalkan Kendaraan
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Kasat Lantas Polres Banjar, AKP Indra Agung Perdana Putra, SIK, MH 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Aksi balapan liar di Jalanan lingkar selatan Gubernur Subardjo, kecamatan Kertakhanyar, Kabupaten Banjar kembali ditertibkan puluhan anggota gabungan Polres Banjar.

Jumlah pemain balapan liar cukup banyak, namun yang berhasil diamankan ada enam unit motor dan tiga orang pengendaranya, sementara itu tiga orang pemilik motor diketahui melarikan diri rela meninggalkan kendaraannya.

Giat penertiban balapan liar dipimpin Kasatlantas polres Banjar AKP Indra Agung Perdana, S.I.K. Pada giat yang berlangsung Minggu (1/9) pukul 16.40 sampai 18.30 wita itu menurunkan jumlah personel sebanyak 40 orang, gabungan dari Satlantas polres Banjar, Resmob / tekap sat Reskrim polres Banjar dan Polsek kertakhanyar.

Baca: 2 Hektare Kebun Karet Terbakar Warga Desa Biih Kabupaten Banjar Padamkan Api Pakai Batang Pisang

"Betul kemarin nangkap lagi," ucap Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete melalui Kasatlantas polres Banjar AKP Indra Agung Perdana, S.I.K. kepada reporter banjarmasinpost.co.id, Senin (2/9).

Dari hasil giat tersebut hasil tangkapan 6 unit sepeda motor. "Saat ini BB ada di polres banjar," ucap Kasubbag Humas polres banjar Iptu H. Suwarji SE MM menambahkan.

Giat penertiban Bali ini dilaksanakan kali kedua di tempat yang sama, yang pertama dilaksanakan hari Minggu yang lalu berhasil terjaring 30 unit motor.

Pada giat balapan liar ini didahului dengan anggota Satlantas melakukan pemantauan dengan berpakaian preman.

Anggota yang berpakaian preman sudah membaur bersama intel dan paminal polres Banjar serta Polsek Kertak Hanyar, secara diam-diam sudah mengintai dan memvideokan aksi balap liar tersebut.

Pada Minggu (25/8) petang lalu didapat sedikitnya 30 sepeda motor diamankan dan pelaku Pembalap liar sebanyak 38 orang, tiga diantaranya perempuan, mereka rata-rata masih di bawah umur.

Baca: Hendak Diberi Makan, Anjing Milinois Belgia Milik Majikan Terkam Pembantu Wanita Hingga Tewas

Aksi balapan liar di kawasan sudah seringkali dikeluhkan warga sekitar dan pengguna jalan, selain membahayakan jiwa mereka, juga membahayakan pengguna jalan lainnya yang melintas, bahkan warga sekitar sempat Garam dan melaporkan kejadian tersebut Ke Polres Banjar

Menjadi perhatian Polres Banjar, akhirnya Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete, SH, SIK, MH melalui Kasat Lantas Polres Banjar, AKP Indra Agung Perdana Putra, SIK, MH mengerahkan personel untuk memberikan efek jera bagi pembalap liar di kawasan Jalan Gubernur Subarjdo, Lingkar Selatan, Kertak Hanyar (arah pelabuhan Trisakti) Puluhan sepeda motor yang digunakan untuk balapan liar akhirnya diangkut ke Mapolres Banjar.

Para pelaku sesuai undang-undang 22 Tahun 2009 LLAJ dijerat pasal 297 tentano Balap Liar dan terancam dengan denda maksimal sebesar Rp 3 juta dan barang buktinya berupa sepeda motor diamankan selama satu bulan, serta pelaku juga wajib lapor ke Mapolres Banjar bersama orangtuanya.

Baca: Jembatan di Paramasan Ambruk, ini langkah yang akan dilakukan Dinas PUPR Banjar

Para pelaku balapan liar sebagian besar adalah warga Banjarmasin dan Barito Kuala, sebanyak 90 persen adalah pelajar.

Aksi pembalap liar cukup pintar, yakni dengan beraksi pada Minggu sore pukul 17.00 wita, para pelaku mengira karena merupakan hari libur atau Weekend dan tidak ada polisi, padahal Polsek Kertakhanyar sebelumnya juga sudah sering melakukan penindakan sebanyak 3 (tiga) kali sekali Polsek, namun ternyata balapan liar makin ramai, pihak polsek me minta backup Satuan Polres dan dibentuklah team Gabungan penanganan Balap Liar yang menurunkan seluruh kekuatan penuh.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved