Berita Jakarta

Plat Nomor Cantik Ternyata Cuma Berlaku 5 Tahun, Setelah Itu Bayar Lagi Sebesar Ini

Masyarakat terutama pemilik kendaraan yang ingin menggunakan plat nomor cantik, harus tahu bahwa tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB)

Plat Nomor Cantik Ternyata Cuma Berlaku 5 Tahun, Setelah Itu Bayar Lagi Sebesar Ini
komisikepolisianindonesia.com
Ilustrasi tanda nomor kendaraan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Masyarakat terutama pemilik kendaraan yang ingin menggunakan plat nomor cantik, harus tahu bahwa tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) jenis pilihan itu memiliki masa aktif sampai lima tahun.

Menurut Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji, setelah lima tahun dan pemilik mobil atau sepeda motor itu ingin menggunakan plat nomor cantik itu lagi maka harus membayar seperti pertama mendaftar.

"Jadi kalau tidak dibayar lagi, pemilik kendaraan itu tidak bisa menggunakan plat nomor cantiknya lagi, dan kembali lagi harus menggunakan plat nomor biasa," ucap Sumardji ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (1/9/2019).

Baca: Katanya Sudah Berdamai, Salmafina & Sunan Kalijaga Malah Saling Sindir, Mantan Taqy Malik Sebut Ini

Baca: Keanehan Kaki Syahrini Kian Kuatkan Indikasi Kehamilan, Istri Reino Barack Banjir Ucapan Selamat

Baca: Kontroversi Tanaman Obat Asal Kalimantan, Kratom Bakal Dilarang BNN di AS Masuk Golongan 1 Narkoba

Sumardji melanjutkan, pelat nomor pilihan itu berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang lima tahun lagi, namun pada kode wilayah yang sama.


Jenis Huruf dan Angka Pada Plat Nomor Cantik(dari Ditlantas Polda Metro Jaya untuk Kompas.com)

Selain itu, tidak berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor dipindahtangankan kepada pihak lain atau mutasi ke luar wilayah.

Pelat nomor pilihan tetap berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor melakukan ubahan alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama.

"Jadi masa berlakunya itu juga sudah tercantum dalam surat keterangan yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas Polres/Ta/Tabes," kata Sumardji.


Ilustrasi plat nomor Banten dan Jakarta(taqospot.blogspot)

Bukan hanya itu, Sumardji melanjutkan apabila kendaraan itu telah dipindahtangankan sebelum masa berlakunya habis, maka sisa masa berlaku akan habis, dan untuk penerbitan STNK yang baru dengan penerbitan plat pilihan yang baru selama lima tahun.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved