Berita Batola

Ratusan Mahasiswa UMB Ikuti Perkuliahan Tamu dari Negeri Jiran Malasyia, Bawa Misi Ini ke Kalsel

RATUSAN mahasiswa dan dosen Universitas Muhammadiyah Banjamasin (UMB) di lantai V kampus setempat, di kawasan Alalak, Kabupaten Batola,Senin.

Ratusan Mahasiswa UMB Ikuti Perkuliahan Tamu dari Negeri Jiran Malasyia, Bawa Misi Ini ke Kalsel
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Kuliah tamu atau guest lecture dari Prof Dr Baharum Ismail Presiden of wolrdwide green behard Malasyia di Universitas Muhammadiyah Banjamasin (UMB) di lantai V kampus setempat, di kawasan Alalak, Kabupaten Batola, Senin (2/9/19). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - RATUSAN mahasiswa dan dosen Universitas Muhammadiyah Banjamasin (UMB) di lantai V kampus setempat, di kawasan Alalak, Kabupaten Batola, Senin (2/9/19) tampak serius.

Mereka mengikuti kuliah tamu atau guest lecture on “entepreneurship development program” oleh Prof Dr Baharum Ismail Presiden of wolrdwide green behard Malasyia.

Dalam perkuliahan tamu tersebut, Prof Dr Baharum Ismail Presiden of wolrdwide green behard Malasyia, menyatakan pihaknya ke Kalsel ini bertujuan untuk berdagang atau bisnis. Nah, untuk membuat bisnis tentu harus ada ahli atau pekerja.

“Kita datang ke kampus UMB untuk menjajagi apakah mahasiswa bisa dijadikan entreprener untuk membantu kami untuk mengembangkan usaha di Kalimantan,” katanya.

Menurutnya, mahasiswa semester akhir akan dibantu menjadi enterprener atau wirausahawan dengan berbagai bidang usaha.

Baca: Sempat Mangkrak, Pembangunan Jembatan Penyebrangan Batulicin Kotabaru Mulai Jelas

Salah satu mitranya di Kalsel yakni usaha Citra Graha Group di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru yang dipimpin oleh H Nurhin.

“Kami dengan UMB dan Citra Graha Group kita harapkan bisa berkongsi ilmu untuk mengembangkan usaha. Salah satu usaha yang akan dikembangkan yakni tenaga solar akan dikembangkan menjadi tenaga listrik di Kalsel.,” katanya.

Kuliah tamu atau guest lecture dari Prof Dr Baharum Ismail di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin di Batola
Kuliah tamu atau guest lecture dari Prof Dr Baharum Ismail di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin di Batola (banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Di sisi lain, sambung Baharum, di Kalimantan juga ada potensi lahan pertanian luar biasa yang bisa dikembangkan. Pihaknya juga akan berdagang, apa yang boleh dibawa dari Kalsel ke Malaysia dan dari Malasyia ke Kalsel akan saling mendapatkan manfaat.

“Kita mendekati Muhammadiyah karena Muhamamdiyah punya jaringan kuat di seluruh Indonesia,” katanya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag, menyatakan guest lecture on “Entepreneurship development program” oleh Prof Dr Baharum Ismail Presiden of Wolrdwide Green Berhard Malasyia diharapkan bisa membina jaringan yang lebih luas di kampus setempat.

Baca: Kondisi Pilu Merry di Kampung Halaman, Asisten Raffi Ahmad & Nagita Slavina Dorong Gerobak demi Air

“Kita harapkan acara ini dosen dan mahasiswa bisa mendapatkan wawasan dan informasi. Jaringan UMB pun semakin luas. Kita juga ingin memberikan semangat ke mahasiswa agar mereka bisa survive dalam kehidupan dan dinamika hidup yang penuh tantangan ini,” katanya.

Dengan demikian, sambungnya, dunia ini tidak sempat dan mahasiswa kesempatan untuk berkembang lebih banyak dengan jejaring yang dibina. Pengalaman enterprener seseorang juga sangat memberi insipirasi bagi mahasiswa. (Banjarmasinpost.co.id./edi nugroho).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved