Berita Internasional

Taheran Kesal Trump Senang dan Sebarkan Foto Ledakan di Landasan Peluncuran Roket Milik Iran

Trump, Jumat (30/8/2019) pekan lalu, mengunggah sebuah foto beresolusi tinggi yang memperlihatkan kondisi sebuah landasan peluncuran roket milik Iran.

Taheran Kesal Trump Senang dan Sebarkan Foto Ledakan di Landasan Peluncuran Roket Milik Iran
(TWITTER / US PRESIDENT DONALD TRUMP)
Foto yang diunggah Presiden Amerika Serikat Donald Trump melalui akun Twitter miliknya, pada Sabtu (31/8/2019), yang menunjukkan apa yang diklaim sebagai pangkalan peluncuran roket Iran dengan beberapa tanda bekas terjadinya ledakan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TEHERAN - Pemerintah Iran pada akhirnya mengakui jika telah terjadi ledakan pada landasan peluncuran roket miliknya.

Namun Teheran juga menyesalkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang terkesan "senang" dengan insiden itu dengan mengunggahnya ke media sosial.

Trump, pada Jumat (30/8/2019) pekan lalu, mengunggah sebuah foto beresolusi tinggi yang memperlihatkan kondisi sebuah landasan peluncuran roket milik Iran yang tampak mengalami kerusakan.

Dalam twitnya, Trump menuliskan bahwa telah terjadi ledakan di landasan peluncuran roket Semnan Space Center milik Iran dan menyebut bahwa insiden itu tidak berhubungan dengan AS.

Baca: Misi Tumbangkan Donald Trump, Aktor Tom Cruise 2020 Menargetkan Kursi Presiden Amerika Serikat

Juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei pada Senin (2/9/2019) memberi pernyataan resmi pertama terkait insiden itu dan mengonfirmasi terjadinya ledakan di pusat ruang angkasa di utara negaranya.

Namun Rabiei mengatakan bahwa saat ledakan terjadi, landasan sudah dalam keadaan kosong dan tidak ada seorang pun di sana.

" Ledakan itu terjadi di landasan peluncuran dan terjadi saat satelit belum dipindahkan ke sana," kata Rabiei kepada televisi pemerintah, dikutip AFP.

"Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Kecelakaan itu terjadi karena masalah teknis, dan saat ini telah jelas bagaimana hal itu bisa terjadi," tambahnya.

Selain mengungkapkan tentang terjadinya ledakan Rabiei turut menyampaikan kritikannya kepada musuh Iran karena seolah berusaha "menyampaikan bahwa mereka mampu menyusup ke organisasi kami untuk melakukan spionase dan sabotase".

Tak ketinggalan, Rabiei juga mengecam tindakan Trump yang menggunakan musibah di negaranya untuk twitnya.

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved