Berita Kalteng

Mahasiswa IAIN Palangkaraya Diberikan Pengetahuan Tentang Nuklir, Jalin Kerjasama Dengan Lembaga Ini

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya, Kalimantan Tengah, berupaya mengembangkan diri dengan menjajaki kerjasama dengan, Badan Tenaga Nuklir

Mahasiswa IAIN Palangkaraya Diberikan Pengetahuan Tentang Nuklir, Jalin Kerjasama Dengan Lembaga Ini
IAIN Palangkaraya
Mahasiswa dan Mahasiswi IAIN saat mengikuti pembelajaran tentang masalah nuklir di kampusnya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya, Kalimantan Tengah, berupaya mengembangkan diri dengan menjajaki kerjasama dengan, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) untuk memberikan pengetahuan mahasiswa tentang manfaat nuklir.

Perguruan tinggi ini aktif membekali para mahasiswa dengan ilmu pengetahuan teori reaktor nuklir, sehingga sebanyak 35 orang mahasiswa dan mahasiswi berbagai fakultas turut dilibatkan dalam mendalami ilmu tentang manfaat dan kegunaan tenaga nuklir tersebut.

Beberapa mahasiwa dan mahasiswi yang dilibatkan tersebut dari fakultas yang dilibatkan tersebut dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangkaraya Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Program Studi (Prodi) Tadris Fisika.

Mereka mengikuti kegiatan uji coba praktikum program Internet Reactor Laboratory (IRL), di ruang Laboratorium IAIN di Palangkaraya melalui sarana komunikasi jarak jauh atau atau menggunakan teleconference dengan pakarnya.

Baca: Peringatan Gisella Anastasia pada Wijaya Saputra, Mantan Gading Marten Sebut Soal Cepat Nikah

Baca: Artis Peneror Ruben Onsu Dibocorkan Sosok Ini, Motif Sebenarnya Teror Teman Ayu Ting Ting Dibongkar

Baca: LIVE TV ONE! Link Live Streaming PSGC Ciamis vs Sriwijaya FC, Siaran Langsung TVOne Laga Liga 2 2019

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yang menghadirkan Kepala Bidang Reaktor Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) Batan, Umar Sahiful Hidayat M Eng dan belajar melalui telekonference "Mahasiswa diajarkan tentang fasilitas reaktor nuklir di Yogyakarta, ini sebagai pembelajaran bagi Mahasiswa IAIN Palangkaraya secara remote area," ujarnl Umar,Rabu (4/9/2019).

Mahasiswa diharapkan mendapat pemahaman tentang fenomena fisika inti atau fisika reaktor melalui praktikum jarak jauh secara realtime melalui video conference." Selama ini, nuklir dipahami orang sebagai bom (atom). Padahal, reaksi yang dihasilkan dari nuklir bisa digunakan untuk hal-hal lain, salah satunya sebagai pembangkit listrik," ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangkaraya, Hj Roudhatul Jannah, menyebutkan, praktikum mahasiswa di bawah bimbingan tenaga ahli PSTA Batan tersebut merupakan upaya pihaknya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah ada dalam kurikulum pengajaran Prodi Tadris Fisika.

IAIN Palangkaraya dipilih PSTA Batan sebagai perguruan tinggi pertama yang mendapat asistensi pengajaran tentang reaktor nuklir di Kalimantan.Praktikum tersebut, merupakan penjajakan pihaknya untuk melakukan kerja sama dengan PSTA Batan di Yogyakarta dalam pengajaran reaktor nuklir kedepannya.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved