Berita Kabupaten Banjar

Puluhan Petugas Lapas dan Prajurit Kodim 1006 Martapura Tembakan Senjata M16

Bersama Kodim 1006 Martapura sebanyak 30 petugas LPP Martapura mengikuti latihan menembak di Lapangan Tembak Korem 101/ Ant Jalan Trikora Banjarbaru.

Puluhan Petugas Lapas dan Prajurit Kodim 1006 Martapura Tembakan Senjata M16
LPP Martapura
Dandim 1006/ Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto S.IP.MM.MI.Pol beri pengarahan senjata kepada petugas lapas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Bersama Kodim 1006 Martapura sebanyak 30 petugas LPP Martapura mengikuti latihan menembak di Lapangan Tembak Korem 101/ Ant Jalan Trikora Banjarbaru.

Latihan bersama yang juga diikuti langsung oleh Kalapas Perempuan Martapura dan Dandim 1006 Martapura tersebut berlangsung antusias. Berlangsung kurang lebih 3 jam, latihan bersama penuh kesan.

Pasalnya latihan bersama yang dilakukan, menurut Dandim 1006/ Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto S.IP.MM.MI.Pol selain bertujuan untuk meningkatan keterampilan pengamanan di Lapas juga sebagai dukungan bantuan pengamanan yang lebih luas.

"Ikuti instruksi dari pengawas. Lakukan tekhnik menembak dengan sebaik- baiknya. Jangan kaget, rasakan pengalaman menembaknya. Satu peluru adalah nyawa. Maka dari itu jangan main-main dan lakukan dengan serius.

Baca: Sisi Lain Sifat Irwan Mussry Dibongkar Maia Estianty, Lakukan Ini dengan Anak Ahmad Dhani

Baca: Sinopsis Film Ustadz Arifin Ilham Suami yang Menangis, M Alvin Faiz Nonbar Premier di Banjarmasin

Baca: NEWSVIDEO Baru Dilantik, Anggota DPRD Kabupaten Banjar Langsung Disambut Aksi Demo Mahasiswa

Latihan ini juga dilakukan dengan maksud agar menyiapkan petugas lapas yang dapat berkontribusi jika diperlukan sewaktu-waktu. Hari ini kita latihan menembak dan untuk kesempatan berikutnya kita akan berikan latihan mengatasi gangguan senjata," jelas Letkol Arm Siswo Budiarto dalam pengarahan singkat kepada jajaran petugas LPP Martapura.

Diawali dengan pengarahan dan praktik singkat yang disampaikan oleh Irman S dan Kurnia dari jajaran anggota Kodim 1006 Martapura.

Tekhnik menembak yang disampaikan oleh Irman S mengacu pada teknik dan faktor yang dapat mempengaruhi penembak dan hasil tembakan.

"Siapkan mental, tidak usah ragu dan takut. Lakukan tekhnik yang disampaikan oleh pelatih. Jangan takut kepanasan. Bidik sasaran dengan tenang. Angin dan cuaca siang ini sangat mempengaruhi. Usahakan tetap fokus dan serius agar tekhnik mampu dilakukan dengan disiplin" jelasnya. Kurnia, yang juga bertindak sebagai pengawas dan pelatih latihan tembak bersama siang itu menambahkan penjelasan mengenai senjata yang akan digunakan dalam proses latihan.

"Kesempatan latihan kali ini kita akan menggunakan senjata Laras panjang yakni M16 varian A1 untuk jarak jauh untuk seluruh peserta dan senjata laras pendek untuk komandan jaga, staff KPLP dan P2U Untuk senjata Laras panjang M16 ini memilki jarak efektif 400m dengan jarak capai 2.670m," kata Kurnia seraya mengatakan berat senjata kosong adalah 3.2kg sedangkan Berat isi yakni 5.2kg.

Bersamaan dengan itu prajurit juga latihan. Dandim 1006/ Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto S.IP.MM.MI.Pol mengungkapkan, latihan menembak senjata ringan ini sebagai sarana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar prajurit, kendati sudah berdinas di Satuan Komando Kewilayahan, kemampuan dasar ini harus terus terpelihara.

"Latihan menembak ini merupakan keharusan bagi setiap prajurit sesuai dengan program kerja dari Komando Atas yang dilaksanakan setiap triwulan pada tahun anggaran berjalan", tandasnya.

Plh. Pasi Ops Kodim 1006/ Mtp Kapten Inf Mujiono selaku penyelenggara kegiatan, menambahkan, Latihan Menembak Senjata Ringan pada Triwulan III Tahun Anggaran 2019 ini berlangsung selama tiga hari, dimulai hari Selasa (03/9) sampai dengan hari ini, Kamis (05/9).

" Waktu tiga hari ini, diharapkan semua prajurit dapat melaksanakannya. Semisal di hari pertama berhalangan hadir karena kepentingan dinas atau sebab lain, maka dapat dilakukan di hari kedua dan hari ketiga", ungkapnya.

Dalam latihan menembak inip terbagi dua materi, yakni menembak senapan laras panjang M16-A1 dan menembak pistol P1 dengan jarak dan sikap tertentu serta menggunakan sejumlah munisi untuk latihan menembak, baik tembakan koreksi maupun tembakan penilaian sehingga tujuan dan sasaran latihan tercapai.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved