Bumi Antaludin

Sambut Tahun Baru HIjriyah 1441, Warga Daha HSS Ramaikan Tabliq Akbar Guru Udin

Penyambutan tahun baru Hijriyah 1441, juga dilakukan warga di Kecamatan Daha Utara, Daha Barat dan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan.

Sambut Tahun Baru HIjriyah 1441, Warga Daha HSS Ramaikan Tabliq Akbar Guru Udin
Kominfo HSS
Guru Udin dari Samarinda, Kalimantan Timur saat memberi tausyiah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Penyambutan tahun baru Hijriyah 1441, juga dilakukan warga di Kecamatan Daha Utara, Daha Barat dan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan.

Masyarakat setempat menggelar Tabliq Akbar di Masjid Jami Iberahim, yang bertempat di Kecamatan Daha Utara, Selasa malam, 3 September 2019 kemarin.

Wasyarakat di tiga kecamatan itu pun berbodong-bondong hadir, memadati masjid hingga masjid bertingkat dua tersebut dipenuhi jemaah.

Tabliq akbar dalam rangka menyambut tahun baru Islam itu menghadirkan Tuan Guru H Muhammad Zhafarudin atau yang akrab disapa Guru Udin.

Pendakwah dari Samarinda Kalimantan Timur tersebut dikenal sebagai dai yang kocak dalam menyampaikan materi dakwahnya, sehingga sering membuat jemaah terpingkal. Sebelum tausyiah, kegiatan diisi pembacaan syair-syair Maulid al-Habsy.

Wakil Bupati HSS (kanan), Ketua DPRD HSS dan Sekda HSS saat menghadiri tabliq akbar dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah 1441, Selasa malam, 3 September 2019 di Masjid Jami Ibrahim Daha Utara.
Wakil Bupati HSS (kanan), Ketua DPRD HSS dan Sekda HSS saat menghadiri tabliq akbar dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah 1441, Selasa malam, 3 September 2019 di Masjid Jami Ibrahim Daha Utara. (Kominfo HSS)

Tabliq Akbar itupun dihadiri Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HSS, H Muhammad Noor , serta Ketua DPRD HSS, Camat Daha Utara dan Daha Selatan, Kapolsek Daha Utara, para ulama serta habaib se- Kecamatan Daha. Sedangkan dari kalangan masyarakat, ada ribuan jemaah yang datang dari berbagai desa dari 3 Kecamatan tersebut.

Wakil Bupati, atas nama Pemkab HSS dalam sambutannya menyatakan apresiasi atas kegiatan positif yang dilaksanakan oleh masyarakat Daha tersebut.

Harapannya, semua bisa mengambil hikmah di balik terus bergantinya tahun hingga 1441 Hijriyah ini. “Bertambahnya tahun, harus dibarengi peningktan nilai-nilai keimanan kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala,”kata Syamsuri.

Jemaah yang terdiri masyarakat Daha, yang memadati masjid jami Ibrahim Daha Utara.
Jemaah yang terdiri masyarakat Daha, yang memadati masjid jami Ibrahim Daha Utara. (Kominfo HSS)

Sementara, Guru Udin dalam tausyiahnya menyampaikan tema “Tingkatkan Muhasabah atau Instropeksi diri agar dapat Hijrah ke Kehidupan yang lebih baik di Dunia dan Akhirat”.

Guru Udin, antara lain menyampaikan tentang pentingnya menuntut ilmu agama, serta mengedepankan akhlak, bagaimana dicontohkan dalam keseharian Rasulullah Muhammad salallahu alaihi wasallam.

Disampaikan pula tentang keutamaan membaca Sholawat. Pada kesempatan berdoa, Guru Udin turut mendoakan Bupati HSS H Achmad Fikry dan Wabup Syamsuri Arsyad, agar senantiasa istiqomah menjadi pemimpin yang amanah.

Guru Udin merupakan pengasuh Majelis Talim Nurul Amin di Samarinda, Kalimantan Timur. Namun, sering diundang ke HSS, terutama oleh masyarakat Daha. (AOL/*)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved