Berita Kalteng

Terganggu Asap dan Kelaparan Orangutan Raksasa Ini Masuk Kebun Warga Bagendang Sampit

Orangutan raksasa berjenis kelamim jantan seberat 90 kg yang masuk ke kebun warga Bagendang Sampit

Terganggu Asap dan Kelaparan Orangutan Raksasa Ini Masuk Kebun Warga Bagendang Sampit
Dari BKSDA Kalteng untuk BPost
Petugas melakukan penangkapan orangutan jantan berumur 25 tahun dengan berat mencapai 90 kg di Desa Bagendang Kecamatan Mentawa Baru Baru Hilir Utara, Kotim, Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT - Warga Bagendang, Sampit, Kecamatan Mentawa Baru HilirUtara, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dikejutkan dengan orangutan raksasa berjenis kelamim jantan seberat 90 kg yang masuk ke kebun warga.

Orangutan tersebut diduga keluar dari lokasi habitatnya, lantaran kehabisan makanan dan maraknya kebakaran lahan dan hutan di Kotim, sehingga keluar dari tempatnya kemudian masuk ke kebun warga sehingga sempat meresahkan warga Bagendang.

Orangutan tersebut, masuk ke kebun milik Bapak Tri, warga Bagendang, bahkan kabarnya sudah dua bulan ini seliweran di kebun warga memakan tanaman milik warga setempat sehingga akhirnya warga melaporkannya ke BKSDA untuk dilakukan penangkapan atau penyelamatan.

Berdasarkan penuturan pemilik kebun, Tri, orangutan terpantau kurang lebih 2 bulan berada di sekitar perkebunan miliknya.

Baca: Kontraktor Resmi Laporkan Penabrak Portal ke Polres Batola

Baca: Rumahnya Habis Terbakar, Idi Sebut Kebakaran di Cempaka IV Ludeskan 9 Rumah, Diduga dari Obat Nyamuk

Baca: Amalan Sunnah Bulan Muharram Selain Puasa Tasua dan Asyura Seperti yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Orangutan raksasa berjenis kelamim jantan seberat 90 kg yang masuk ke kebun warga.
Orangutan raksasa berjenis kelamim jantan seberat 90 kg yang masuk ke kebun warga. (Dari BKSDA Kalteng untuk BPost)

"Sampai tanggal 29 Agustus 2019 lalu, orangutan jantan tersebut kembali terlihat dan langsung dilaporkan kepada petugas BKSDA Kalteng yang berada di Sampit" ujarnya.

Kemudian, Tim WRU SKW II BKSDA Kalimantan Tengah melakukan penyelamatan terhadap satwa dilindungi dengan mama latin, pongo pygmaeus dari Desa Bagendang Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Hilir Utara tersebut.

Keterangan Kepala BKSDA Kalteng, Adib Gunawan, yang di konfirmasi, Selasa (3/9/2019) membenarkannya, dia mengatakan, Orangutan tersebut berjenis kelamin jantan seberat 90 kg di laporkan Bapak Tri pemilik kebun, masuk dan memakan tanaman dikebunnya.

Orangutan raksasa berjenis kelamin jantan seberat 90 kg yang masuk ke kebun warga Bagendang Sampit
Orangutan raksasa berjenis kelamin jantan seberat 90 kg yang masuk ke kebun warga Bagendang Sampit (Dari BKSDA Kalteng untuk BPost)

Sehingga petugas, WRU SKW II BKSDA Kalteng bersama-sama dengan OF UK, tiba di lokasi untuk melakukan rescue.Perlu waktu dua jam untuk merelokasi orangutan berusia 25 tahun itu berhasil direscue ditangkap setelah dibius.

Baca: NEWSVIDEO : Sungai Biyuku Kini Jadi Destinasi Wisata Baru Di Banjarmasin, Begini Penampakannya

Baca: LIVE MOLA TV - Timnas Indonesia vs Malaysia Kualifikasi Piala Dunia 2022 Kamis (4/9)

"Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, orangutan dibawa ke Kantor SKW II di Pangkalanbun, untuk dilepasliarkan ditranslokasi di Suaka Margasatwa Kabupaten Lamandau.

Saat ini, orangutan tersebut sudah dilepasliarkan di tempat habitatnya di Lamandau," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved