Berita Banjarbaru

Tim Kantor Staf Presiden Soroti Akses Jalan Menuju Bandara Syamsudin Noor, Bandara Rampung Oktober

Tim Kantor Staf Presiden Soroti Akses Jalan Menuju Bandara Syamsudin Noor, Diprediksi Pembangunan Bandara Rampung Oktober 2019

Tim Kantor Staf Presiden Soroti Akses Jalan Menuju Bandara Syamsudin Noor, Bandara Rampung Oktober
Humas PPDJ Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin
Tim Kantor Staf Presiden saat meninjau proyek pembangunan Bandara Syamsudin Noor. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Akses jalan ke Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru belum rampung. Sementara Bandara kebanggan warga Kalsel ini diprediksi selesai pada 28 Oktober 2019 mendatang.

Ya, askses jalan yang belum selesai ini pun menjadi sorotan ketika tim Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia menggelar rapat terkait pembahasan perubahan status jalan provinsi menjadi jalan nasional untuk akses jalan menuju bandara Syamsudin Noor, Rabu (4/9/2019).

Tenaga Ahli Utama Kedeputian Bidang Pengendalian, Pembangunan, Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas KSP, Febry Calvin Tetelepta, menjelaskan, agenda kedatangan tim KSP ke Banjarmasin ialah ingin memastikan proyek pengembangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin berjalan dengan lancar, utamanya persoalan akses jalan menuju bandara.

“Paling tidak ada tiga hal yang ingin kami pastikan, yang pertama bahwa pekerjaan fisik bandara akan selesai pada 28 Oktober mendatang. Yang kedua adalah menyangkut jalan akses menuju bandara, bahwa telah ada kesepakatan kerjasama yang baik antara pemerintah provinsi Kalimantan Selatan untuk mendorong pembangunan jalan menuju bandara. Sementara yang ketiga terkait pada saat peresmian bandara nanti telah diputuskan untuk sementara menggunakan jalan alternatif milik AURI untuk akses VVIP,” kata Febry. 

Baca: Barbie Kumalasari Pilih Kriss Hatta Daripada Galih Ginanjar, Ayu Ting Ting & Ruben Onsu Bereaksi Ini

Baca: Simpan 21 Paket Sabu Warga Gunung Sari Banjarmasin Ditangkap, Terkait Sabu di Lapas Teluk Dalam

Baca: Kecurigaan Cut Meyriska Hamil Meski Baru Nikahi Roger Danuarta Muncul, 2 Momen Ini Pemicunya

Baca: Tangis Maia Estianty Saat Tahu Dul Panggil Al Ghazali Begini, Putra Sambung Mulan Jameela Sebut Ini

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalsel, Yasin Toyib membenarkan pula dari hasil rapat tersebut sepakat akses lingkar utara di jalan menuju Bandara ini ditangani untuk dirampungkan.

Muncul kesepakatan akses alternatif jika Presiden RI, Joko Widodo datang meresmikan Bandara Syamsudin Noor.

"Prediksinya memang ketika peresmian jalan belum selesai seratus persen dan alternatifnya untuk akses VVIP melewati jalan VVIP di AURI Lanud Syamsuddin Noor," kata Yasin Toyib.

Dia menjelaskan, tetap jalan lingkar utara itu digarap dan kemudian sisanya diusulkan penanganan ke Balai Jalan Nasional.

Dijelaskan Yasin Toyib, sejauh ini Pemprov Kalsel melalui PUPR sudah menggarap empat paket yang digarap pada APBD Pemprov sebagai dukungan untuk akses Jalan Bandara.

Pertama Paket Jalan Golf Panjang, ruas jalan 5,8 kilometer. Penanganan sepanjang 500 meter dengan lebar 16 meter (Nilai kontrak Rp 4,517 Miliar).

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved