Obat Tradisional Dayak dan Khasiatnya

Sayuran Paku-pakuan Bernama Kalakai Ini Berkhasiat Atasi Anemia dan Menambah ASI

Khasiat kalakai bagi warga Dayak Kalteng, sejak lama dipakai untuk obat penyakit Anemia dan bagi ibu yang menyusui

Sayuran Paku-pakuan Bernama Kalakai Ini Berkhasiat Atasi Anemia dan Menambah ASI
(banjarmasinpost.co.id/faturahman)
Sayur Kalakai bisa mengatasi Anemia dan merangsang air susu bagi ibu yang baru melahirkan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Jenis tanaman paku-pakuan yang dikenal warga Kalimantan Tengah dengan sebutan Kalakai dengan nama latin stenochlaena palustris adalah jenis pakis atau paku-pakuan yang banyak ditemui di hutan Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah. 

Khasiat kalakai bagi warga Dayak Kalteng, sejak lama dipakai untuk obat penyakit Anemia dan bagi ibu yang menyusui bisa menambah banyak air susu sehingga sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya.

Tanaman ini, cepat beradaptasi dengan alam, sehingga bisa tumbuh dimana saja, dan sangat mudah didapatkan, seperti di batang-batang pohon, kayu-kayu yang sudah lapuk maupun lahan kering.

Kalakai  tumbuh subur di lahan bergambut karena intensitas air yang cukup banyak, sehingga meskipun tanaman ini di ambil terus, tidak akan pernah habis, karena selama ada lahan gambut dan digambut tersebut ada airnya, tanaman ini akan mudah hidup dan berkembang.

Baca: KalselPedia - Kelurahan Sungai Tiung di Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Pendulangan hingga Warung 41

Baca: Kondisi Cut Meyriska Buat Panik Fairuz A Rafiq, Tuliskan ini pada Istri Roger Danuarta

Baca: Tak Kalah dari Syahrini dan Aisyahrini Intip Gaya Mertua Reino Barack, Mama Wati

Baca: Elza Syarief Bawa Nama Polisi Tuduhkan ini pada Nikita Mirzani, Ajak Syahrini Perangi Mantan Sajad

Baca: KalselPEdia - Direktorat Intelkam Polda Kalsel, Ini Tugas dan Pelayanan yang Diberikan

Kalakai biasa dimanfaatkan warga Kalteng sebagai sayuran. Tanaman kalakai ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna hijau, berakar serabut dan tumbuh merambat, batangnya berwarna hijau, keras dan beruas, di setiap ruas terdapat akar.

Daun yang sudah tua akan berwarna hijau segar, sedangkan daun yang masih muda berwarna merah dan berlendir pada tangkainya, daun yang masih muda inilah yang digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah untuk dikonsumsi.

"Kami sering memakan sayuran kalakai ketika ada keluarga yang baru melahirkan, karena tanaman sayuran ini bisa merangsang cukup banyak air susu ibu. Selain itu, juga dapat mengatasi penyakit anemia, karena bisa menambah zat besi dalam tubuh," ujar Sriyanti, salah seorang warga Palangkaraya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved