Berita Tabalong

Jumlah Kendaraan Bermotor Tambah Banyak, 4 Tempat di Tabalong Diukur Kualitas Udaranya

Jumlah kendaraan yang ada di Kabupaten Tabalong cukup banyak yang melintas khususnya di pusat kota

Jumlah Kendaraan Bermotor Tambah Banyak, 4 Tempat di Tabalong Diukur Kualitas Udaranya
diskominfo tabalong
Untuk mengetahui kualitas udara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong bekerja sama dengan UPT Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Kalimantan selatan, melakukan Pengukuran Kualitas Udara 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Jumlah kendaraan yang ada di Kabupaten Tabalong cukup banyak yang melintas khususnya di pusat kota. Kendaraan roda dua dan roda tiga yang menyebabkan polusi namun pemerintah daerah juga berupaya melakukan penghijauan dengan menanam pohon di ruang terbuka hijau.

Hal ini dilakukan mengurangi polusi udara agar kualitas udara tetap baik.

Untuk mengetahui kualitas udara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong bekerja sama dengan UPT Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Kalimantan selatan, melakukan Pengukuran Kualitas Udara Kabupaten Tabalong. kegiatan dilaksanakan selama 5 hari dari tgl 31 Agustus sampai 4 September 2019.

Ada empat titik yang menjadi sasaran Pengukuran yaitu untuk kawasan transportasi dilakukan di jalan A. yani depan kantor DPRD kabupaten Tabalong, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kawasan perumahan di komplek permata baru 2, kelurahan Pembataan kecamatan Murung pudak, Kawasan komersil/perkantoran di Taman Giat Kota tanjung, kelurahan Tanjung, Kecamatan Tanjung dan Kawasan industri PT. Tanjung Power Indonesia dan PT. MSW, Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak.

Baca: Masih Ingat Ustadz Guntur Bumi & Puput Melati? Sempat Bikin Heboh, Begini Nasib Mereka Kini

Baca: Asyiknya Gisella Anastasia Menari Bareng Pria Bukan Wijaya Saputra, Eks Gading Marten Sampai Begini

Baca: Panas Gara-gara Verrell Bramasta & Febby Rastanty? Natasha Wilona & Caesar Hito Juga Pamer Keakraban

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Rowi Rawatianice ketika mengatakan tujuan dari pelaksanaan pengukuran kualitas udara ini adalah untuk mengetahui kualitas udara di kabupaten Tabalong, untuk selanjutnya menjadi bahan kebijakan dalam pengelolaan dan pengendalian pencemaran udara di Kabupaten Tabalong,.

“Mengetahui kualitas udara diperlukan untuk menjadi acuan dalam pengelolaan dan pengendalian pencemaran udara, nantinya juga akan dibandingkan ke baku mutu kualitas udara, berdasarakan peraturan gubernur provinsi kalimantan selatan no. 53 tahun 2008 tentang baku mutu udara dan tingkat kebisingan.” katanya

Rowi menambahkan Kegiatan pengukuran kualitas udara ini rutin dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup setiap tahun persemester dan tahun ini untuk pertama kalinya DLH Kabupaten Tabalong bekerja sama dengan UPT. Laboratorium lingkungan provinsi kalimantan selatan.

“Pengukuran kualitas udara ini di lakukan dengan metode mengacu pada Standar Nasional Indonesia selama 24 jam periode pengukuran tiap titik lokasi sampling,” tambahnya.

Hasil dari pengukuran kualitas udara ini akan diketahui sekitar satu pekan kedepan, setelah melalui uji laboraturium di UPT Lab Lingkungan Hidup Propinsi Kalimantan Selatan.

Untuk diketahui Kondisi kualitas udara di kabupaten tabalong tahun 2018 di lihat melalui nilai indeks kualitas udara menunjukkan kondisi baik dengan nilai 89,58.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved