Berita HSU

Kabut Asap di HSU Makin Parah, BPBD Kalsel Bagikan 2000 Masker

Kabut asap yang mulai terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara membuat BPBD Kalsel membagikan 2000 masker.

Kabut Asap di HSU Makin Parah, BPBD Kalsel Bagikan 2000 Masker
Reuters
Ilustrasi masker 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kabut asap yang mulai terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara membuat BPBD Kalsel membagikan 2000 masker.

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyuddin mengatakan kita memiliki stok yang cukup untuk kebutuhan masker. " Sementara kita bagi ke HSU karena daerah tersebut yang cukup parah" ujarnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Abriansyah Alam menambahkan untuk stok masker BPBD memiliki 20 ribu masker persediaan. " Dan kita akan kembali bagi bila ada daerah yang membutuhkan" ujarnya.

Kabut asap yang melanda kawasan Tapin dan hulu sungai menurut Kasubid Kesiapsiagaan Muhari, berdasar informasi BMKG, disebabkan oleh sebaran hotspot diwilayah tersebut cukup tinggi " setidaknya terdapat 29 titik api, ditambah cuaca cerah, dan angin kencang. " Ujarnya.

Baca: TERUNGKAP, Korban Meninggal di Kawasan Haur Kuning Banjarmasin Ternyata Sudah Pisah dengan Istri

Baca: Hasil Timnas Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Skor 2-1 di Babak Pertama, Beto!

Baca: Tingkatkan Ketaqwaan dan Keimanan, Lanal Kotabaru Peringati 1 Muharram 1441 Hijriah

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kalimantan Selatan, Muslim menghimbau masyarakat pabila terjadi peningkatan kabut asap maka sebaiknya tidak beraktifitas diluar rumah, jika tak dalam keadaan penting. jika harus keluar rumah hendaknya menggunakan masker

" Bagi masyarakat yang terpapar kabut asap yang kemudian berakibat timbul penyakit ISPA segera datang ke fasiltas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan" ujarnya

Dinas kesehatan Kalsel juga siap mendistribusikan PMT atau MP-ASI bagi masyarakat terdampak asap, seperti ibu hamil dan balita utk meningkatkan gizinya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved