Berita Balangan

Kabut Asap di Paringin, Balangan Masih Dianggap Tipis, Dinkes Balangan Bergerak Berikan Imbauan

Seminggu terakhir, kabut asap menyelimuti wilayah Kabupaten Balangan dan sekitarnya. Bahkan kabut asap tersebut masih terjadi hingga Kamis (5/9/2019).

Kabut Asap di Paringin, Balangan Masih Dianggap Tipis, Dinkes Balangan Bergerak Berikan Imbauan
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Kabut asap selimuti Kota Paringin, Kabupaten Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Seminggu terakhir, kabut asap menyelimuti wilayah Kabupaten Balangan dan sekitarnya. Bahkan kabut asap tersebut masih terjadi hingga Kamis (5/9/2019).

Meski tipis, namun kabut asap cukup terasa di wilayah berjuluk Bumi Sanggap ini. Bahkan sebagian warga pun mulai merasakan aromanya sejak pagi.

Sebagaimana diketahui, kabut asap yang terjadi diduga karena terdampak dari kebakaran lahan dan hutan, menyikapi hal tersebut dan dalam pencegahan penyakit yang bisa disebabkan kabut asap, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan mulai bergerak dan memberikan imbauan.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya L, Karena kabut asap masih dianggap tipis. Dalam artian cukup stabil sehingga pihaknya baru bergerak untuk memberikan imbauan kepada masyarakat.

Baca: Kabut Asap Selimuti Wilayah Paringin, Kabupaten Balangan, Diduga Dampak Kebakaran Lahan

"Kami mengimbau agar saat kabut terjadi, warga mulai mengurangi aktivitas di luar rumah," ucap Erwan.

Ke depan jelasnya, Dinas Kesehatan juga akan membagikan masker wajah kepada masyarakat. Namun untuks saat ini masih melihat kondisi kabut. Jika dibagika sekarang paparnya, akan tidak efektif. Ditambah lagi masker tersebut hanya untuk sekali pakai.

Tentunya, kabut di Kabupaten Balangan ujar Erwan ia rasakan sendiri. Bahkan saat pagi ketika hendak membuka pintu, aroma asap pun sudah tercium.

Tak Erwan pungkiri, keberadaan kabut asap biasanya berdampak pada gangguan pernafasan atau Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). Namun sejauh ini, dampak kabut asap jelasnya tidak begitu signifikan. Bahkan tidak ada kenaikan untuk penderita gangguan pernafasan tersebut.

Baca: Tanggulangi Kabut Asap, BPBD Balangan Berencana Bagi-Bagi Masker ke Masyarakat

"Kabut asap ini yang paling kasihan adalah anak-anak. Sementara orang dewasa mereka punya daya tahan tubuh tinggi," jelas Erwan.

Setiap tahunnya, saat kabut asap terjadi dan mulai tebal, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan selalu menyiapkan dan membagikan masker kepada warga. Adapun jangka waktu kabut ujar Erwan kadang memang tidak begitu lama. Pihaknya pun dalam pembagian masker tetap harus menyesuaikan keadaan dan tingkat ketebalan kabut tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved