Berita Balangan

Kemarau Makin Menyusahkan Warga, Mobil Tangki BPBD Balangan Datangi Desa-desa untuk Suplai Air

Berstatus siaga bencana Karhutla, kabut asap dan kekeringan, BPBD Balangan akhir-akhir ini nampak sibuk menangani sejumlah kondisi tersebut.

Kemarau Makin Menyusahkan Warga, Mobil Tangki BPBD Balangan Datangi Desa-desa untuk Suplai Air
BPBD Balangan
Warga di Kecamatan Batumandi secara bergantian mengambil air dari tangki BPBD Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGING- Berstatus siaga bencana Karhutla, kabut asap dan kekeringan, BPBD Balangan akhir-akhir ini nampak sibuk menangani sejumlah kondisi tersebut.

Dimana selain penanganan pada Karhutla yang dilakukan oleh tim Satgas Karhutla, mereka juga memberikan suplay air bersih kepada masyarakat.

Beberapa desa yang dianggap mengalami kekeringan mendapatkan jatah air bersih tersebut. Bahkan dalam satu hari, BPBD Balangan bisa menyuplai air pada beberapa desa yang membutuhkan.

"Kadang ada laporan dan permintaan dari Ketua RT dan kepala desa. Jadi kami langsung datang ke lokasi," ucap Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love, Kamis (5/9/2019).

Baca: Ustadz Habib Akhmad Al Bhaghaiz Doakan Musala Al Hijrah Polsek Mataraman, Bisa Jadi Rest Area

Baca: Asyiknya Gisella Anastasia Menari Bareng Pria Bukan Wijaya Saputra, Eks Gading Marten Sampai Begini

Baca: Panas Gara-gara Verrell Bramasta & Febby Rastanty? Natasha Wilona & Caesar Hito Juga Pamer Keakraban

Setiap hari kegiatan itu selalu dilakukan oleh tim BPBD Balangan, bahkan hari ini pihaknya juga mengirimkan air bersih ke Desa Sumber Rejeki Kecamatan Juai, Balangan, Kalsel.

BPBD Balangan ujar Alive juga telah melakukan pendataan pada sejumlah desa yang mengalami kekeringan. Hal itu dikarenakan sumber air gunung mereka sudah tidak lagi ada. Selain itu saluran PDAM juga belum masuk ke lokasi tersebut.

Secara bergiliran, setiap desa mendapatkan jatah sebanyak 4.000 liter atau satu tangki yang terdapat pada mobil tangki BPBD Balangan. Sehingga dalam sehari, apabila melayani tiga desa, maka mencapai 12.000 liter air yang dikirimkan.

Warga pun berderet antre dan secara bergantian menunggu jatah air tersebut. Mereka mendapatkan air bersih secara gratis melalui bantuan yang dikerahkan BPBD Balangan yang bekerjasama dengan PDAM Balangan.

Desa-desa di Kecamatan Batumandi menjadi satu wilayah yang mengalami kekeringan tersebut. Alive jelaskan desa di kawasan itu memang sulit untuk mendapatkan air bersih.

Tentunya, air bersih yang dibagikan bisa dimanfaatkan warga, baik untuk dikonsumsi, mandi dan keperluan sehari-hari lainnya yang membutuhkan air.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved