Opini

Membumikan Ekonomi Syariah di Indonesia

Pemerintah telah meresmikan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024.

Membumikan Ekonomi Syariah di Indonesia
(banjarmasinpost.co.id/faturahman)
Ilustrasi-Kegiatan, tentang ekonomi syariah dalam bentuk seminar nasional di Palangkaraya, yang bertujuan menjadikan atau membentuk masyarakat yang tau dan mengerti tentang ekonomi syariah. 

Oleh: Muhammad Syarif Hidayatullah SE MH
Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam UIN Antasari/ Mahasiswa
Program Doktor S3 Ilmu Syariah UIN Antasari

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pemerintah telah meresmikan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Masterplan ini adalah peta jalan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia guna mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Presiden Joko Widodo meluncurkan masterplan atau peta jalan ekonomi syariah Indonesia 2019-2024 di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Beliau menyebutkan bahwasanya terdapat potensi Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah termuka di dunia, mengingat jumlah muslim di negara ini merupakan yang terbesar di dunia. Serta bisa mengentaskan kemiskinan, mendorong keadilan sosial dan melestarikan lingkungan dan sejalan dengan pembangunan berkelanjutan.

Ekonomi syariahi memiliki potensi besar baik ditingkat regional, di tingkat global hingga dunia. Adanya masterplan merupakan salah satu upaya nyata melakukan penguatan industri keuangan syariah.

Tujuannya, agar pertumbuhan sektor keuangan syariah memiliki dampak langsung dan signifikan pada pertumbuhan di sektor riil, yang secara fundamental menjadi fokus utama dalam sistem ekonomi syariah.

Baca: Si Palui - Janda Kambang

Baca: Kisah Perajin Permainan Tradisional, Dakuan Ajarkan Anak Kelola Uang

Baca: BPJS Naik Tahun Depan, Batas Atas Upah Jadi Rp 12 Juta

Baca: Iuran BPJS Naik, Pemkab Siap-siap Tambah Anggaran

Visi besar yang dibangun dalam masterplan ini seperti Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro adalah mencapai “Indonesia yang Mandiri, Makmur, dan Madani dengan Menjadi Pusat Ekonomi Syariah Terkemuka Dunia”.

Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang dihadirkan dan diamanahkan untuk memangku tugas mengimplementasikan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 demi pembangunan nasional berdasar pada ekonomi syariah,

Hakikat Ekonomi Syariah

Pada hakikatnya ekonomi syariah adalah metamorfosa nilai-nilai Islam dalam ekonomi dan dimaksudkan untuk menepis anggapan bahwa Islam adalah agama yang hanya mengatur persoalan ubudiyah atau komunikasi vertikal antara manusia (makhluk) dengan Allah (khaliq).

Halaman
1234
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved