Berita Banjarmasin

Mengejutkan Sekitar 70 Persen Pejabat Belum Memahami Tugas dan fungsi yang Harus Dilaksanakan

ada sekitar 70 persen pejabat yang belum memahami tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan serta ukuran keberhasilan pelaksanaan tugasnya.

Mengejutkan Sekitar 70 Persen Pejabat Belum Memahami Tugas dan fungsi yang Harus Dilaksanakan
banjarmasinpost.co.id/a rizky abdul gani
Asisten Deputi koordinasi, pelaksanaan dan evaluasi RB akuntabilitas aparatur dan pengawasan untuk wilayah II, Nadimah saat menyampaikan hasil survei pihaknya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Asisten Deputi koordinasi, pelaksanaan dan evaluasi RB akuntabilitas aparatur dan pengawasan untuk wilayah II, Nadimah menyebutkan hasil survei integritas jabatan rata-rata pemerintah daerah di lingkungan Kalsel pada 2018 lalu cukup mencengangkan.

Bagaimana tidak, mengambil survei dari minimal 100 pegawai, ada sekitar 70 persen pejabat yang belum memahami tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan serta ukuran keberhasilan pelaksanaan tugasnya.

Selain itu, hampir 30 persen lainnya telah memahami tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan, namun belum memahami ukuran keberhasilan pelaksanaan tugasnya. Kemudian, hanya 5 persen telah memahami tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan serta ukuran keberhasilan pelaksanaan tugasnya.

Di sisi lain, ia juga menyebutkan integritas organisasi rata-rata di lingkungan pemda di kalsel juga masih belum mencapai batas minimal nasional yakni 3,6 dari skala 4.

Baca: Tujuh Perwira Serah Terima Jabatan, Begini Kesan Kompol Joseph Selama Tugas di Polres Banjar

Catatan serupa juga terjadi pada survei eksternal organisasi indeks persepsi anti korupsi (IPAK), yang rata-ratanya belum memenuhi skala minimal nasional yaitu 3,6 dari skala 4.

" Juga, Indeks persepsi pelayanan masih belum terlalu menggembirakan," jelasnya.

Sehubung itupula Nadimah pun mengatakan gambaran umum tersebut setidaknya bisa menjadi salah satu tantangan bagi pemerintah daerah untuk merubah budaya kerjanya di masing-masing SKPD.

Apalagi mengingat jabatan adalah suatu amanah sudah seharusnya para pejabat pun bisa mengetahui secara persis tugas, fungsi serta ukuran hasil kinerja keberhasilannya.

" Misalnya Seorang Kepala Dinas PU, itu dia tugasnya tidak sekedar membangun jalan saja. Tapi dia juga memastikan bahwa infrastruktur dalam kondisi mantap semuanya, " jelasnya. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved