Berita Batola

Poster Jembatan Rumpiang, Nanas dan Padi Anjir Bikin Nanang Rudian Harumkan SMPN 4 Alalak Batola

Nanang Rudian juara Lomba Melukis se Kabupaten Batola. Siswa SMPN 4 Alalak Batola ini mengangkat tema jembatan Rumpiang, Nanas dan Padi Anjir

Poster Jembatan Rumpiang, Nanas dan Padi Anjir Bikin Nanang Rudian Harumkan SMPN 4 Alalak Batola
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Muhammad Rudian (13), siswa Kelas 8 E SMPN 4 Alalak memegang lukisan poster tema jembatan rumpiang, nanas dan padi anjir. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - SMPN 4 Alalak Kabupaten Batola kembali bersyukur. Soalnya, tahun ini salah satu siswanya, Muhammad Rudian (13), mendapatkan prestasi di lomba melukis dalam hari anak nasional belum lama ini di Kabupaten Batola.

“Saya pilih tema melukis jembatan rumpiang, nanas dan padi anjir,” kata Rudian, salah satu siswa kelas 8 E SMPN 4 Alalak, Kamis (5/9/19).

Dijelaskan Rudian, melulis poster poster ciri khas Batola, yakni jembatan rumpiang, nanas dan padi anjir pada 28 Juli 2019 silam, di kantor Bupati Batola pada event hari anak nasional. Ada sebanyak 13 SMPN di Kabupaten Batola yang ikut dalam kompetisi melukis dan Muhammad Yulian meraih juara II.

“Untuk mengerjakan lukisan poster jembatan rumpiang, nanas dan padi anjir ini perlu 2 jam 40 menit. Untuk waktu melukis dibatasi tiga jam,” katanya.

Baca: Mahasiswa S2 ITB Tewas Gantung Diri Diiringi Lagu OST Game, Tinggal Pesan di Laptop dan Obat Depresi

Baca: Kulit Kayu Halaban Dipercaya untuk Sembuhkan Panyakit Amandel

Baca: Akui Daerah Endemis Tungro, Kadis Pertanian Batola Berikan Tips Praktis Bagi Petani Atasi Tungro

Baca: Kebutuhan Air Sehari 86 Ton, RS Andi Abdurrahman Noor Tanahbumbu Alami Krisis Air Bersih

Ditambahkan Ika Nurjannah, guru pembimbing eksul lukis SMPN 4 Alalak dari tahun ke tahun memang mengukir prestasi di bidang melukis, yakni pada 2016 meraih juara I, pada 2017 juga merebut juara I, pada 2018 itu juara I dan pada 2019 itu meraih juara II dengan siswa yang berbeda.

“Kami akan berusaha mempertahankan dari tahun ke tahun, SMPN 4 Alalak memborong prestasi di lomba lukis,” katanya.

Dijelaskannya, pihak sekolah selalu mengarahkan siswanya untuk giat belajar hingga giat berlatih dalam membuat sketsa. Untuk pemilihan tema siswa juga diarahkan dalam latihan melukis di sekolah setiap hari Kamis.

Dipaparkannya, setiap kamis, siswa yang ikut kegiatan eksul melukis akan mengikuti latihan selama 2 jam. Mendekati lomba tingkat kabupaten, latihan melukis kita intensifkan. Ciri khas lukisan SMPN 4 Alalak itu pada gradasi warna sehingga banyak memainkan warga.

“Ada sekitar 20 siswa kelas 7, 8 dan 9 yang mengikuti eksul melukis ini. Tahun ini kita pilih
Muhammad Rudian untuk lomba melukis pada 2019 ini karena bakatnya memang menonjol,” katanya.

Kepala Sekolah SMPN 4 Banjarmasin, Zainuddin, merasa bangga karena sekolahnya punya tradisi juara dalam lomba lukis. Ke depannya, diarahkan dikembangkan ke desain berbasis corel atau komputer.

Halaman
12
Penulis: Edi Nugroho
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved