Berita HSS

Program Lansia Asuh, Ditargetkan Gugah Kesadaran Masyarakat HSS Agar Peduli Lansia

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaksanakan program asuh lanjut usia (lansia) sejak 23 Agustus 2019 lalu, bertepatan peringatan hari lansia

Program Lansia Asuh, Ditargetkan Gugah Kesadaran Masyarakat HSS Agar Peduli Lansia
Kominfo HSS
Bupati HSS H Achmad Fikry membantu lansia menggunakan kursi roda, saat pemberian bantuan kursi roda pada HUT Kodam IV Mulawarman di Lapangan Lambung Mangkurat beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaksanakan program asuh lanjut usia (lansia) sejak 23 Agustus 2019 lalu, bertepatan peringatan hari lansia nasional.

Mereka yang menjadi pengasuh, adalah pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator. Sedangkan lansia yang menjadi sasaran program, lansia miskin yang tak punya keluarga.

Pejabat yang menjadi pengasuh tugasnya mengujungi rumah lansia yang diasuh, kemudian memberikan perhatian dan mendengarkan “curhat” lansia bersangkutan.

Untuk tahap pertama pengasuhnya pejabat pratama dan administrator. Kepala Dinas Sosial HSS, Hj Siti Erma menjelaskan, pihaknya mendata 180 lansia yang masuk kriteria.

“Insya Allah ditambah lagi dengan lansia punya anggota keluarga dalam rumah, tapi kondisinya cacat berat atau gangguan jiwa,” kata Kepala Dinas Sosial HSS, Hj Siti Erma dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, soal realisasi program lansia asuh, Kamis (5/9/2019). Disebutkan, program pejabat asuh lansia merupakan program bagi pejabat HSS menjadi pengasuh.

Baca: Didatangi Puluhan Karyawan yang Tak Diperpanjang Kontraknya, PT AAL Meminta Waktu 1 Minggu

Baca: Makanan Orang Ngidam Dibawa Ibu Cut Meyriska Saat Istri Roger Danuarta Sakit dan Ramai Kabar Hamil

Baca: LIVE MOLA TV! Link Live Streaming Armenia vs Italia, Kualifikasi Piala Eropa (Euro 2020) Malam ini

Tugasnya, menghibur, memberi perhatian dan kasih sayang yang sebenarnya juga dibutuhkan para lansia. “Sedangkan untuk kebutuhan dasar, sudah diberikan Pemkab HSS melalui berbagai program. Seperti rumah layak huni, bantuan jatah hidup, serta program lainnya yang menjadi komitmen Bupati HSS yang sangat peduli lansia,”katanya.

Sebelumnya, pada rapat koordinas bulanan dengan seluruh pejabat pemerintahan Rabu lalu, Bupati HSS H Hachmad Fikry menyinggung mengenai Program Asuh Lansia yang telah laksanakakan beberapa waktu lalu. Fikry mengatakan, program tersebut merupakan tindak lanjut dari diterimanya penghargaan dirinya sebagai Tokoh Peduli Lansia Nasional dari Pemerintah Pusat.

Bupati menegaskan, program tersebut harus dijalankan, karena Lansia memerlukan perhatian semua orang, khususnya lansia yang sebatang kara, atau tinggal sendiri tanpa keluarga. "Lansia ada beberapa kriteria. Di antaranya, ada yang masih punya keluarga, ada pula yang tidak mempunyai keluarga. Kita prioritaskan yang tidak punya keluarga,"kata Fikry.

Disebutkan, secara umum lansia di HSS memiliki keluarga dan sudah terpenuhi kebutuhan dasarnya. Namun, mereka umumnya masih memerlukan orang lain untuk mendengarkan apa yang menjadi harapan dan keluhannya. Melalui program Asuh Lansia, tambah Fikry, diharapkan menggugah kesadaran masyarakat yang masih punya keluarga berusia lanjut, tergugah kesadaran dan kepeduliannya untuk memberikan perhatian, serta lebih memahami mereka. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved