Bumi Sanggam

Bupati Balangan H Ansharuddin Ingatkan Pengendalian Penduduk Harus Dilaksanakan Sejak Dini

Pengendalian penduduk yang sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung wilayah menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Balangan

Bupati Balangan H Ansharuddin Ingatkan Pengendalian Penduduk Harus Dilaksanakan Sejak Dini
Humas Pemkab Balangan
Bupati Balangan, H Ansharuddin menandatangi sekaligus melantik Tim Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Desa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pengendalian penduduk yang sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung wilayah menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. Hal itu demi menciptakan generasi penerus yang berkualitas sebagai para pemeran kunci masa depan.

Satu permasalahan besar yang akan menghadang di masa depan, dan akan menjadi kendala besar jika tidak kendalikan semenjak dini, adalah permasalahan kependudukan.

Disampaikan Bupati Balangan H Ansharuddin, bahwa penduduk memang sebuah potensi positif yang sangat besar, sepanjang terpenuhi syarat-syaratnya, yaitu kualitas yang tinggi, dan jumlahnya sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung wilayah.

"Sebagaimana sudah sering kami sampaikan, bahwa pemerintah tidak mungkin berdiri sendiri untuk melaksanakan pembangunan, menjawab tantangan jaman dan mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat," tuturnya.

Terlebih lagi lanjutnya, untuk menghadapi dan mengantisipasi persoalan kependudukan yang jelas-jelas merupakkan permasalahan sangat besar, ditinjau dari sudut manapun. Pemerintah harus bermitra dengan banyak pihak, termasuk dengan ormas seperti koalisi kependudukan.

Demikian pula halnya dengan koalisi kependudukan, tentu akan bisa mencapai hasil yang lebih optimal jika bekerjasama dengan berbagai pihak terkait.

"Pembentukan koalisi kependudukan kabupaten dan pelantikan tim ini merupakan satu upaya kita untuk bersama-sama mengatasi persoalan kependudukan sejak dini, khususnya di Balangan," jelasnya saat pelaksanaan Pelantikan Tim Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Indonesia, serta seminar pembangunan Kabupaten Balangan tahun 2019, di Aula Mayang Maurai, Rabu (4/9/2019) kemaren.

Untuk itu, ia berharap nantinya Tim Koalisi Kependudukan dapat bekerjasama dengan berbagai pihak dalam setiap kegiatannya.

"Bermitralah dengan sektor swasta, organisasi masyarakat, organisasi profesi, organisasi keagamaan, organisasi pendidikan, organisasi perempuan dan organisasi kepemudaan.

Bagaimanapun, mengatasi permasalahan kependudukan dan mencegah bencana demografi, itu merupakan kepentingan semua pihak tanpa kecuali, karena kalau benar-benar terjadi, bencana demografi akan berdampak sangat luas,"ucap pimpinan wilayah berjuluk Banua Sanggam ini.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved