Berita Kalteng

Presiden Serahkan SK dan Peta TORA Wilayah Kalteng, Ini Harapan Wagub Habib Ismail

Presiden Joko Widodo secara resmi menyerahkan Surat Keputusan Pelepasan Kawasan Hutan untuk Redistribusi Tanah dan Peta Tanah Objek Reforma

Presiden Serahkan SK dan Peta TORA Wilayah Kalteng, Ini Harapan Wagub Habib Ismail
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Wakil Gubernur Kalteng, Habib Ismail. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Presiden Joko Widodo secara resmi menyerahkan Surat Keputusan Pelepasan Kawasan Hutan untuk Redistribusi Tanah dan Peta Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di Taman Digulis Pontianak Kalimantan Barat, kemarin.

Provinsi Kalimantan Tengah ada beberapa Kabupaten yang menerima SK dan Peta TORA tersebut, yakni meliputi Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, Gunungmas dan Kabupaten Kapuas yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail.

Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya, Jumat (6/9/2019) mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang menghadiri acara penyerahan SK dan Peta TORA tersebut menyatakan sangat mengapresiasi program yang diluncurkan pemerintah pusat di bidang pertanahan tersebut.

Baca: BREAKING NEWS - Ribuan Orang Sakit Akibat Terhirup Udara Beracun, Kabu Asap di Kalteng Makin Buruk

Baca: Polda Kalteng Tetapkan 42 Tersangka Pembakar Lahan, 16 Koorporasi Diselidiki & 1 Sengaja Membakar

Penyerahan SK dan Peta TORA itu sangat bermanfaat bagi masyarakat Kalimantan Tengah, sekaligus membuktikan bahwa pemerintah pusat hadir dan memperhatikan masyarakat di wilayah Kalimantan.

Wagub sangat mendukung penegasan Presiden Jokowi bahwa Tanah Obyek Reformasi Agraria (TORA) harus benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya. "Lahan yang telah diberikan itu jangan sampai diterlantarkan dan harus digunakan untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

SK Pelepasan Kawasan Hutan untuk Redistribusi Tanah tahap pertama diberikan seluas 80 ribu hektar (Ha) untuk kawasan Kalimantan."Kalimantan Tengah tercatat 50 orang warga masyarakat yang menerima SK Pelepasan Kawasan Hutan Untuk Redistribusi Tanah tersebut," ujar Wagub.

Pemerintah menargetkan pelepasan Kawasan Hutan Untuk Redistribusi Tanah seluas 4,1 juta hektar. Dari target tersebut tercatat 2,6 juta hektar tanah sedang dalam proses termasuk 980 hektar di antaranya telah memiliki SK.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved