Berita Banjarmasin

Polda Kalsel Selidiki 54 Kasus Karhutla, Empat Kasus Masuk ke Penyidikan

Jajaran Kepolisian Daerah Polda Kalimantan Selatan tak main-main terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi

Polda Kalsel Selidiki 54 Kasus Karhutla, Empat Kasus Masuk ke Penyidikan
Satgas BPBD
Kebakaran lahan di Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jajaran Kepolisian Daerah Polda Kalimantan Selatan tak main-main terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Bumi Lambung Mangjkurat ini.

Jika terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan pihak kepolisian akan turun tangan.

Direktur Kriminal Khusus Polda Kalsel Kombes Rizal Irawan, Jumat (//9) sore mengungkapkan perkembangan di Ditreskrimsus dan jajaran Polres, saat ini pihaknya melakukan penyelidikan terhadap 54 kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Dari 54 kasus karhutla itu empat naik ke tahap oenyidikan yakni di Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Banjarbaru dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), dan telah ditetapkan empat sebagai tersangka," ucapnya.

Baca: Saat Dicokok Pengedar Sabu ini Mengaku Bernama Amat, Kebohongannya Kemudian Terbongkar

Baca: Bandingkan Jet Pribadi Syahrini dan Maia Estianty Dua Istri Pengusaha Reino Barack dan Irwan Mussry

Baca: Mantan Ruben Onsu, Vanessa Angel Sebut Nama Ayu Ting Ting di Tengah Kisruh dengan Sang Ayah

Meski tak menyebutkan inisial para tersangka, Rizal mengungkapkan saat ini dari kasus karhutla yang mereka tangani itu rata-rata pelakunya adalah perseorangan dimana mereka membuka lahan untuk pertanian dengan cara dibakar.

Pihaknya mengimbau kepada masyaraat bahwa teknik pembukaan lahan pertanian sebaiknya jangan menggunakan cara pembakaran hutan dan lahan.

Karena melakukan pembukaan lahan dan hutan dengan pembakaran itu ada sanksi pidananya.

'Kita tak main-main terhadap siapa pun baik perorangan atau pun koorporasi yang melakukan pembakaran lahan," paparnya dengan nada tinggi.

Untuk para pelaku karhutla ini mereka kenakan pasal 187 KUHP yakni kelalaian yang menyebabkan kebakaran dan pasal 188 KUHP dimana ada unsur kesegajaan yang menyebabkan kebakaran.

(Banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved