Berita Banjarbaru

Air Bersih Ngadat, Warga Landasan Ulin Minta Air ke Sumur Tetangga, Ini Penjelasan PDAM Intan Banjar

Selain di Banjarmasin kebocoran pipa di PDAM juga terjadi di Banjarbaru. Akibatnya warga di Guntung Manggis dan areal Landasan Ulin sekitarnya

Air Bersih Ngadat, Warga Landasan Ulin Minta Air ke Sumur Tetangga, Ini Penjelasan PDAM Intan Banjar
banjarmasinpost.co.id/nurkholis huda
Warga di D'Mahatama Gol Landasan Ulin terpaksa harus pakai air sumur ke tetangga untuk mendapatkan air bersih. Sumur pun kini di Banjarbaru mulai kering. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Selain di Banjarmasin kebocoran pipa di PDAM juga terjadi di Banjarbaru. Akibatnya warga di Guntung Manggis dan areal Landasan Ulin sekitarnya juga sempat tidak bisa menikmati air dari PDAM.

Salah satunya warga di di komplek D'Mahatama Golf 1 kecamatan Landasan ulin.

Wisnu salah satu warga, menyebutkan air PDAM tidak lagi mengaliri warga sejak beberapa hari yang lalu, sehingga warga harus mencari air guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Air sumur yang digunakan untuk cadangan airjuga tidak bisa lagi mengalir karena musim kemarau yang berkepanjangan yang berdampak pada keringnya air di dalam sumur," kata Wisnu.

Baca: Dituding KPAI Eksploitasi Anak, Audisi Djarum Ditiadakan? Menpora: Sudah Melahirkan Juara Dunia

Baca: Pesangon Raffi Ahmad & Nagita Slavina? Misteri Sumber Gepokan Uang Merry Akhirnya Terjawab

Baca: 7 FAKTA Mobil Dinas Pemprov Hilang di Gedung Sate, Pelaku Dijanjikan Rp 2 Juta oleh Orang Dalam

Warga berharap agar masalah kekeringan air ini bisa mendapatkan jawaban dan solusi dari pihak pemerintah dalam hal ini PDAM Intan Banjar.

Selain Wisnu, kekeringan dan matinya PDAM ini juga dikeliluhkan Indi. Warga Mekaramaraya ini juga mengaku kesulitan air bersih.

"Ini memang sudah mengalir, tapi masih kecil. Kalau sebelumnya dua hari yang lalu saya malah harus menolak permintaan loundrym Kan kebetulan saya bisnis Loundry. Pas PDAM tak ngalir jadi ditolak dulu karena PDAM tak Mengalir," kata Indi.

Ya, sejumlah warga di beberapa daerah di Kelurahan Landasan Ulin saat ini sedang kesulitan air bersih. Gara-gara, leding di rumah mereka tidak mengalir dalam beberapa hari terakhir. Dari PDAM menyebutkan bahwa ada kebocoran pipa PDAM di jaringan pipa kawasan Setdaprov Kalsel.

"Ya ada bocor di jaringan kawasan Setdaprov. Hari ini baru kami temukan permasalahannya. Sehingga, baru hari ini juga kami tangani," kata Direktur Teknik PDAM Intan Banjar, Said Umar, Minggu (8/9/2019).

Dijelaskannya perbaikan selesai pada Senin (9/9/2019) karena itu warga tidak perlu cemas.

Dirincinya, pipa yang pipa berukuran 200 mm dan PDAM mengusahakan perbaikan selesai dalam satu hari.

Diakui Said Umar, awalnya tim teknisi mengira air PDAM tidak mengalir ke sejumlah kawasan di Kelurahan Guntung Manggis akibat tingginya penggunaan masyarakat di musim kemarau. Ternyata, dugaan itu salah.

"Ternyata karena bocor. Awalnya tekanan pompa sudah kami tingkatkan, ternyata masih ada yang tidak mengalir di beberapa daerah, tapi Setelah kami periksa, ternyata ada bocor pipanya," urainya. (banjarmasinpost.co.id/Lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved