Berita Kaltim

Tol Balsam, Pertama di Kalimantan, Berlokasi Ibu Kota Baru RI, Konstruksi Fisik Capai 97.57 Persen

Terpilihnya Kalimantan Timur sebagai provinsi lokasi ibu kota baru menggantikan Jakarta, melegitimasi kehadiran Jalan Tol Balikpapan- Samarinda.

Tol Balsam, Pertama di Kalimantan, Berlokasi Ibu Kota Baru RI, Konstruksi Fisik Capai 97.57 Persen
(TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN)
MASIH DALAM PENGERJAAN - Beberapa kendaran proyek beraktifitas di Proyek Jalan Tol Balikpapan Seksi 5A di kawasan Manggar Balikpapan, Selasa (9/7). Seksi 5A yang merupakan bagian dari seksi 5 sepanjang lebih dari 11 KM yang menghubungkan KM 13-Manggar ini masih dalam proses pengerjaan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Pembangunan Tol Balikapapan-Samarinda (Tol Balsam) yang berlokasi di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur mengantikan Jakarta, makin melegitimasi pembangunan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, terpilihnya Kalimantan Timur sebagai provinsi lokasi ibu kota baru menggantikan Jakarta, melegitimasi kehadiran Jalan Tol Balikpapan- Samarinda atau Tol Balsam.

 Infrastruktur konektivitas ini tak hanya merupakan yang perdana di bumi Pulau Kalimantan.

Melainkan juga sebagai referensi bagi pembangunan infrastruktur berkualitas tinggi (high quality infrastructure).

Belum lama ini Tribunkaltim.co sempat pernah meninjau progress pembangunan Tol Balsam hampir rampung. 

Baca: Warga Ini Hibahkan Lahan 15 Hektar untuk Kantor Kemendagri di Lokasi Ibu Kota Baru di Kaltim

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPJT) Danang Parikesit memberikan penilaiannya terhadap jalan bebas hambatan tersebut kepada Kompas.com, Sabtu (7/9/2019) malam.

Menurut Danang, Tol Balsam juga dirancang sebagai penghubung ibu kota Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda, dengan sejumlah kota bisnis lainnya seperti Balikpapan, Penajam Paser Utara, Kutai Kertanegara, dan Bontang.

"Terutama Penajam Paser Utara, akan memiliki modal infrastruktur berkualitas tinggi yang melayani fungsi lokasi ibu kota baru negara Indonesia," ujar Danang.

Dia menambahkan, Tol Balsam semakin strategis ketika didukung infrastruktur konektivitas lainnya menuju Pelabuhan Semayang di Balikpapan, dan Pelabuhan Samarinda.

"Konektivitas dengan pelabuhan ini untuk mendukung livelihood bagi ibu kota negara," ucap Danang.

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved