Berita Kalteng

Wacana Pembentukan Provinsi Baru Kembali Mengemuka, 5 Kabupaten Ingin Pisah dari Kalimantan Tengah

Keinginan memisahkan diri tersebut, sudah ada sejak Tahun 2006 hingga Tahun 2016 diupayakan membentuk Provinsi Kotawaringinraya oleh lima kabupaten

Wacana Pembentukan Provinsi Baru Kembali Mengemuka, 5 Kabupaten Ingin Pisah dari Kalimantan Tengah
(banjarmasinpost.co.id/faturahman)
Pegiat Anti Narkotika Kotim, Kalteng, M Gumarang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Paskapengumuman Pemindahan Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia ke Kalimantan Timur, dimanfaatkan oleh tim pembentukan Provinsi baru di Kalimantan Tengah yang dulu dikenal dengan sebutan Kotawaringinraya memunculkan kembali rencana pemekaran Kalteng tersebut.

Ada lima kabupaten di wilayah Kesultanan Kotawaringin yang ingin lepas dari Kalteng yakni Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Sukamara dan Seruyan, yang sudah lama ingin memisahkan diri dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Keinginan memisahkan diri tersebut,  sudah ada sejak Tahun 2006 hingga Tahun 2016  diupayakan membentuk Provinsi Kotawaringinraya oleh lima kabupaten yang telah membentuk Badan Pekerja Pembentukan Provinsi Kotawaringin (BP3K) dan telah mencapai kajian akademik, hingga penentuan ibukota provinsinya.

Baca: Kepergok Mulan Jameela Istri Ahmad Dhani Ada di Pasar Setelah Iklankan Rumah Diduga dari Maia?

Baca: Tak Munafik Gaya Pacaran Bak Suami Istri Buat Ammar Zoni dan Irish Bella Menikah Siri

Bahkan sejumlah bupati sudah bersepakat untuk mendukung pemekaran wilayah untuk membentuk provinsi baru tersebut. Sekretaris BP3K Pusat, Indrawan Sakti, membenarkan pihaknya akan melanjutkan proses Pembentuan Provinsi Kotawaringin tersebut.Salah satunya dengan adanya pertemuan dengsn Gubernur Kalteng, bersama Bupati dan Ketua DPRD lima kabupaten.

Namun, menurut Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak, pihaknya sampai sekarang belum melakukan pembahasan secara mendetail dan memberikan persetujuan, terkait pembentukan Provinsi Kotawaringinraya tersebut.

Bahkan, panitia pembentukan Provinsi Kotawaringinraya juga belum ada lagi memberikan informasi sudah sejauh mana proses persiapan dalam dan pengajuannya, kepada DPRD Kalteng."Kami belum membahasnya, juga belum menyetujuinya, wacananya memang sejak lama," ujarnya.

Baca: Penampakan Mirip Kuntilanak Dibagikan Raffi Ahmad Suami Nagita Slavina di Rumah Mantan Bos Merry

Baca: ART Via Vallen Minta Bantuan Dukun Setelah Curi Celana Dalam Pedangdut Kesayangan Rhoma Irama

Baca: Artis Nia Daniaty Alami Kecelakaan Terhantam Besi, Kondisi Mantan Farhat Abbas Sahabat Elza Syarief

Sementara itu, salah satu Tokoh Muda Kotim, M Gumarang, Minggu (8/9/2019) menilai rencana pembentukan Provinsi baru pecahan Kalteng tersebut sangat positif, mengingat kebutuhan untuk pelayanan publik, karena luasnya Kalteng hingga 1,5 luas pulau jawa, sehingga perlu adanya pemekaran.

"Tapi jangan sampai pemekaran ini, malah akan dijadikan sebagai wadah untuk mencari kedudukan untuk kekuasaan. Misalnya ada ambisi pejabat atau sebagian orang yang ingin jadi gubernur pada provinsi baru, ini itikadnya sudah kurang baik, karena diawali dengan nafsu ingin berkuasa," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved