Berita Batola

4.000 Nanas Tamban Batola Setinggi 8 Meter Bakal Dibentuk Kue Tart di Festival Nanas Mekarsari

Pelaksanaan Festival Nanas Mekarsari 2019 yang direncanakan Selasa (10/9/19) pagi di lapangan Sepak Bola Hardoko, Desa Tamban Raya, Mekarsari.

4.000 Nanas Tamban Batola Setinggi 8 Meter Bakal Dibentuk Kue Tart di Festival Nanas Mekarsari
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Festival Nanas Mekarsari 2019, ribuan buah nnas disusun membentuk kue tart di Tamban Raya, Kecamatan Mekarsari, Batola. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Pelaksanaan Festival Nanas Mekarsari 2019 yang direncanakan Selasa (10/9/19) pagi di lapangan Sepak Bola Hardoko, Desa Tamban Raya, Km 12.5, Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Batola akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Tahun lalu, ribuan nanas dibentuk mirip tumpeng setinggi 7 meter dan tahun ini dibentuk mirip kue tart setinggi delapan meter. Jadi festival nanas tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya,” kata Kepala Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Mekar Sari, Munawar Khalil, Senin (9/9/19).

Menurutnya, Festival Nanas Mekarsari akan dijadikan agenda tahunan karena kawasan kecamatan setempat itu penghasil nanas di Kalsel dan kabupaten Batola. Dalam festival nanas ini akan digelar kontes atau lomba nanas.

Camat Mekarsari, Moch Aziz, menambahkan puluhan pekerja semangat melakukan kerja lembur untuk pelaksanaan Festival Nanas Mekarsari 2019 yang direncanakan Selasa (10/9/19) pagi mendatang di lapangan Sepak Bola Hardoko, Desa Tamban Raya, Km 12.5, Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Batola.

“Iya puluhan pekerja Minggu (8/9/19) malam semangat kerja lembur untuk penyelesaian tower tumpeng nanas raksasa," ujarnya.

Saat ini tinggal finishing untuk tumpeng nanas raksasan tersebut,Menurut Aziz, dengan Festival Nanas Mekarsari 2019, ini diharapkan ke depan kecamatan Mekarsari akan menjadi daerah tujuan wisata.

Selain itu, event ini diharapkan akan bisa memompat semangat dan memotivasi petani untuk bisa menghasilkan nanas super.

“Festival Nanas Mekarsari 2019 kali ini akan berbeda dengan Festival Nanas Kemerdekaan, Senin (20/8/18) lalu karena ada parade sepeda onthel dan kirab produk-produk unggulan desa (9 desa),” katanya

Jika tak aral, sambung Aziz, pembuatan tugu atau tumpeng nanas raksasa ini memerlukan sekitar 4.000 ribu buah nanas. Untuk proses rangka dan pembuatan tumpeng nanas raksasa ini melibatkan perangkat desa dan unsur-unsurpemuda (karang taruna) serta ibu-ibu PKK. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved